Sosial Media Marketing bagi UKM Kelurahan Wirogunan

Wirogunan(24/2/2020) Media sosial telah banyak dikenal dan digunakan masyarakat. Namun memanfaatkan media sosial untuk menjual produk UKM, dirasa masih banyak yang belum familiar. Berbagai alasan, UKM belum memanfaatkan media sosial untuk penjualan.

Kelurahan Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta bersama LPMK mengadakan Pelatihan Marketing Online bagi UKM. Pelatihan ini sebagai upaya memberikan pengetahuan dan wawasan media online untuk berjualan. Diharapkan, UKM melakukan marketing atas produknya tidak hanya  konvensional, namun juga Online.

Pelatihan Marketing Online diselenggarakan Selasa (24/2/2020) bertempat di Pendopo Wirogunan. Diikuti sebanyak 25 peserta pelaku UKM, baik fashion, kuliner, bimbingan belajar, Kraft, jasa dan lain-lain.

Pelatihan dibuka oleh Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami. Kemudian dilanjutkan dengan paparan dari LPMK Wirogunan, Abdul Razaq. Kemudian dilanjutkan paparan dan dialog dari Bonang praktisi online.

Lurah Wirogunan, dalam sambutannya menjelaskan, pelatihan Marketing Online  merupakan kegiatan usulan masyarakat dalam Musrenbang Kelurahan tahun 2019.
Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan atas pemasaran secara Online bagi UKM.

“Di wilayah Kel. Wirogunan terdapat banyak jenis dan ragam potensi, tidak hanya kuliner, dan jasa, namun masih banyak yang lain", ujarnya.

Ketua LPMK yang juga sebagai narasumber, Abdul Razaq, menjelaskan latar belakang dan tujuan diselenggarakannya pelatihan Marketing online. Disamping itu, harapan kepada peserta pelatihan untuk bersama-sama bersinergi untuk maju bersama.

“Konsep keroyokan dalam publikasi di kelurahan, merupakan konsep yang dirancang oleh LPMK dan Tim Pemberdayaan, untuk memaksimalkan publikasi atas  potensi wilayah di Kel. Wirogunan. Salah satunya UKM yang ada, agar omset meningkat”, katanya.

Ia menambahkan, LPMK berencana untuk membuat website "Visit Wirogunan" untuk media publikasi dan jualan bagi UKM. Selain itu, akan membuat RoadMap Wirogunan, yang dilengkapi profil singkat wilayah dan segala potensinya serta Profil UKM di Wirogunan.

"Kita terus bergerak dan berbuat, sesuai tagline Wirogunan Semarak. Selain itu, bersama kita bisa dan gotong royong modal utama, sebagai motivasi kita bersama menuju masyarakat yang sejahtera", pungkasnya.

Keroyokan dalam bergerak dan berbuat, untuk Wirogunan yang Lebih Baik. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat