KELURAHAN WIROGUNAN KECAMATAN MERGANGSAN KOTA YOGYAKARTA
SELAMAT DATANG DI KELURAHAN WIROGUNAN - TEKAD YANG SAMA BERIKAN PELAYANAN PRIMA
 Adminwgkel,    13 Pebruari 2020 Tim Pemberdayaan Kel. Wirogunan Turut Berkontribusi dalam Musrenbang Kec. Mergangsan
Tim Pemberdayaan Kel. Wirogunan Turut Berkontribusi dalam Musrenbang Kec. Mergangsan

Wirogunan (13/02/2020) Musrenbang Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan adalah forum musyawarah tahunan pada pemangku kepentingan di tingkat Kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan,  yang didasarkan pada masukan dari kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan lintas kelurahan di kecamatan yang bersangkutan. Usulan dan rencana kegiatan tingkat Kelurahan maupun kegiatan tingkat kecamatan, dicermati dan dikaji untuk disesuaikan dengan pagu anggaran maupun visi dan misi Pemerintah Kota Yogyakarta dan arah pembangunan Kecamatan Mergangsan.

Musrenbang kecamatan tidak semata-mata menyepakati prioritas masalah yang ada di kelurahan yang diusulkan dari Musrenbang Kelurahan, tetapi untuk menghasilkan prioritas masalah dan kegiatan yang menjadi urusan dan kewenangannya. Selain itu, sebagai forum pendidikan masyarakat agar menjadi bagian aktif dari tata pemerintahan dan pembangunan di wilayah Kecamatan.

Musrenbang Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta dilaksanakan Rabu (12/2/2020) bertempat Galley Prawirotaman Hotel, Kel. Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Musrenbang Kec. Mergangsan dibuka oleh Staf Ahli Walikota Yogyakarta Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Wirawan Hario Yudho, SH. 

Hadir dalam Musrenbang tersebut, Camat Mergangsan, Rini Rahmawati, S.IP., M.IP., Kapolsek Kec. Mergangsan, Danramil 06/Mergangsan, Kepala Puskesmas, drg. Risa Dhiana Permanasari, Kepala KUA, Ghufron Su’udi, S.Ag, Sekretaris Kecamatan Lucia Daning Krisnawati, SIP., M.Si., Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan, Sri Suwarni, Lurah Wirogunan Anastasia Erwina Siwi Utami, SIP., Lurah Keparakan Rina Budi Prastiwi, S.IP., M.Si, Lurah Brontokusuman Maryanto, SE, Ketua LPMK se-Mergangsan, Ketua kelembagaan tingkat Kecamatan, Tim Perumus Kelurahan se-Kec. Mergangsan, dan tokoh Masyarakat. Selain itu, dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), antara lain Bidang Sosial Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Yogyakarta, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pendidikan, Bagian Tata Pemerintahan, Dinas Pariwisata, Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dipertaru), Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), dan beberapa OPD lain.

Camat Mergangsan, Rini Rahmawati dalam sambutannya menyampaikan Konsep pembangunan di Kec. Mergangsan adalah pembangunan berwawasan gender untuk meningkatkan perekonomian berbasis pariwisata dan budaya untuk kesejahteraan masyarakat. Seluruh kegiatan yang direncanakan sesuai dengan tuuan Musrenbang, yaitu yaitu Mempercepat Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, Mengurangi Angka Kemiskinan dan Memperkecil Kesenjangan Pendapatan di Masyarakat. “Banyak potensi di wilayah Mergangsan, baik berbasih pariwisata, seni, budaya, kuliner, aneka kerajinan, warisan budaya dan bantaran sungai code. Potensi ini menjadi kekuatan sebagai bagian dari sumber perekonomian” jelasnya.

Selanjutnya, Rini Rahmawati menjelaskan, di Kec. Mergangsan juga cukup banyak permasalahan yang terus diupayakan mengatasinya, antara lain kemiskinan yang masih tinggo, adanya kesenjangan dan kawasan yang belum tertata dengan baik. “Permasalahan ini menjadi motivasi dan semangat untuk terus berbuat bagi masyarakat”, ujarnya.

Staf Ahli Walikota Yogyakarta Bidang Kesra, Wirawan Hario Yudho, SH. yang mewakili Walikota Yogyakarta mengatakan, Kec. Mergangsan sebagai salah satu pintu gerbang bagian selatan kota Yogyakarta. Wajah Mergangsan akan mewarnai wajah Kota Yogyakarta, untuk itu perlu ditata bersama. “Musrenbang tahun 2020 untuk kegiatan 2021 berbeda dengan sebelumnya, untuk itu rencanakan dengan baik, agar Kec. Mergangsan turut berkontribusi dalam wajah Kota Yogyakarta bagian selatan” kata Mantan Camat Gondokusuman ini berharap. 

Sementara Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami di sela-sela acara Musrenbang, menyatakan paparan dari Ketua LPMK Wirogunan, Abdul Razaq yang mewakili Ketua LPMK se-Kel. Mergangsan lengkap dan menjadi pencermatan bagi OPD Kota Yogyakarta, khususnya pada konsep sinergisitas potensi kampung di Kec. Mergangsan.  

“Pak Rozaq yang Ketua LPMK Wirogunan, sebagai salah satu Tim Pemberdayaan Kel. Wirogunan yang mencerminkan kontribusi seluruh tim pemberdayaan yang ada. Seluruh Tim Pemberdayaan dalam kesempatan perencanaan untuk kemajuan wilayah, baik kelurahan maupun kecamatan selalu berkontribusi aktif”, pungkasnya.

Keberhasilan Musrenbang, sangat ditentukan oleh keterlibatan aktif peserta dengan pencermatan dan kajian atas usulan yang ada. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#MusrenbangKecamatanMergangsan2020
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

Kelurahan Wirogunan
  (5 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Rabu, 19 Februari 2020

Pendopo Wiroguno Kelurahan Wirogunan


Senin, 24 Februari 2020

Pendopo Wiroguno Kelurahan Wirogunan


Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat56.52%
Cukup Bermanfaat2.17%
Bermanfaat0%
Kurang Bermanfaat2.17%
Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait