KELURAHAN WIROGUNAN KECAMATAN MERGANGSAN KOTA YOGYAKARTA
SELAMAT DATANG DI KELURAHAN WIROGUNAN - TEKAD YANG SAMA BERIKAN PELAYANAN PRIMA
 Adminwgkel,    20 Desember 2019 PKK Kel. Wirogunan mensosialisasikan program peningkatan kualitas kesehatan 8.000 hari pertama kehidupan
PKK Kel. Wirogunan mensosialisasikan program peningkatan kualitas kesehatan 8.000 hari pertama kehidupan

(wirogunan 20/12/2019) Usia dewasa dicapai dalam 8000 hari pertama kehidupan (HPK). Pemantauan atas kondisi kesehatan, sejak dalam kandungan hingga berumur 21 tahun. Upaya 8000 HPK, menjadi tanggung jawab semua pihak, baik Dinas kesehatan dengan berbagai program kegiatannya, maupun lembaga di masyarakat.

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta turut serta dalam upaya memberikan pemahaman dan wawasan atas 8000 HPK, kepada seluruh pengurus dan kader PKK se-Kel. Wirogunan, dengan kegiatan Sosialisasi dan Dialog Interaktif.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis (17/12/2019) bertempat di Pendopo Wiroguno, Kel. Wirogunan. Hadir dalam kegiatan tersebut, Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami, S.IP.,  Ketua TP PKK Kec. Mergangsan, Anni Sumarni, SH., Ketua dan Pengurus TP PKK Kel. Wirogunan, Kader PKK RW se-Kel. Wirogunan.

Narasumber, Bidan Haryanti dari Puskesmas Mergangsan menjelaskan, investasi 1000 HPK sebelumnya telah dikenal luas, namun tidaklah cukup, diperlukan pula perhatian pada 7000 HPK berikutnya. Terdapat 3 fase yang perlu mendapat perhatian, bagi orang tua, kader dan masyarakat,  yaitu fase kanak - kanak dan fase konsolidasi (5 - 9 tahun); fase growth spurt masa remaja (10 - 14 tahun);  dan fase konsolidasi (15 - 19 tahun). Setiap fase memiliki permasalahan dan perhatian tersendiri. Diperlukan kerjasama semua pihak, agar program 8000 HPK di Kota Yogyakarta dapat berhasil.

Sementara Ketua TP PKK Kec. Mergangsan, Anni Sumarni berharap agar kader PKK Kel. Wirogunan dapat berperan aktif dalam 8000 HPK ini. Salah satu yang bisa dilakukan dengan menyampaikan informasi hasil kegiatan ini kepada kader dan masyarakat di wilayah masing-masing.

Pemantauan kondisi kesehatan dilakukan secara terus menerus, mulai dari dalam kandungan, saat dilahirkan, balita, anak-anak, remaja hingga saat mereka menginjak usia matang berproduksi.

Berbagai permasalahan kesehatan, yang masih menjadi pekerjaan rumah dapat dicarikan solusi terbaiknya, misalnya gizi buruk, stunting dan permasalahan lainnya. Salah satunya dengan 8000 Hari Pertama Kehidupan. (KangRozaq)

#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#TPPKKWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

Kelurahan Wirogunan Kelurahan Wirogunan
  (8 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat53.85%
Cukup Bermanfaat2.56%
Bermanfaat0%
Kurang Bermanfaat2.56%
Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait