KELURAHAN WIROGUNAN KECAMATAN MERGANGSAN KOTA YOGYAKARTA
SELAMAT DATANG DI KELURAHAN WIROGUNAN - TEKAD YANG SAMA BERIKAN PELAYANAN PRIMA
 Adminwgkel,    20 Desember 2019 Pokja III PKK Kota Probolinggo Studi Replikasi Bank Sampah di RW 02 Bintaran, Kel. Wirogunan
Pokja III PKK Kota Probolinggo Studi Replikasi Bank Sampah di RW 02 Bintaran, Kel. Wirogunan

(Wirogunan 18-12-2019) Studi replikasi menjadi salah satu cara belajar bersama dan meniru hal-hal baik yang dapat diterapkan di wilayah tujuan sesuai dengan kondisi wilayah.

Studi replikasi dilakukan oleh Pojka III PKK Kota Probolinggo, Jawa Timur di Bank Sampah Wirabintari Kampung Bintaran, Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta pada Rabu (18/12/2019).

Studi replikasi diikuti sebanyak 25 orang dari pengurus Pokja III TP PKK Kota Probolinggo, yang didampingi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo.

Rombongan diterima oleh Lurah Kel. Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami, Ketua LPMK Wirogunan, Abdul Razaq, Ketua RW 2 Kampung Bintaran, Andi Maulana, Babinsa, Babinkamtibmas, Pengurus Bank Sampah Wirabintari, Pengurus RW, Pengurus RW, Pengurus PKK RW 02 Kampung Bintaran.

Sebelum melihat langsung proses pengelolaan Bank Sampah, dilakukan papaparan pengelolaan Bank sampah oleh Ketua RW 02.

Andi Maulana dalam paparannya menjelaskan, selama ini dalam pengelolaan sampah menggunakan 3 R, yaitu Reuse (menggunakan kembali) yaitu kegiatan penggunaan kembali sampah secara langsung, baik untuk fungsi yang sama maupun fungsi lain, Reduce (mengurangi), yaitu dengan mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah dan Recycle (mendaur ulang) yaitu dengan memanfaatkan kembali sampah setelah mengalami proses pengolahan.

Lebih lanjut, Andi Maulana menyampaikan Reuse, Reduce dan Recycle tidak menjadi aktivitas pokok di Wirabintari, akan tetapi lebih menekankan pada Tabungan sampah, Pinjaman sampah, Belanja sampah, Asuransi sampah, tanam sampah, arisan sampah, qurban sampah dan kredit sampah.

Selain itu, Ketua RW 2 Bintaran menegaskan Bank Sampah Wirabintari bermakna Semangat berjuang untuk mewujudkan Bintaran Berseri dan Lestari dengan mengoptimalkan potensi masyarakat.

Tujuan dari Bank Sampah Wira Bintari adalah sedulur saklawase, sedoyo sugih, sesarengan sakit, Sedo, sekolah, sami-sami sinonggo ngagem sampah. Semua bisa dilakukan, karena bersama kita bisa gotong royong modal utama.

"Sampah akan menjadi ancaman maupun peluang. Semua terserah bagaimana masyarakat dalam mensikapinya. Peran tokoh masyarakat sangat penting dan berarti dalam berpartisipasi semua program dan kegiatan di wilayah RW 02 khususnya dan Kel. Wirogunan pada umumnya", ujar ayah dua anak.

Disamping itu paparan juga disampaikan Bapak Tahkim, salah satu pengelola komposter Ember Tumpuk yang disingkat KOMET. Komet tersebut sebagai upaya pengolah limbah rumah tangga menjadi pupuk organik padat dan cair dan pengurai lalat hitam BSF (Black Soldier Fly).

Camat Mergangsan, Rini Rahmawati dalam sambutan penutupannya menyampaikan, terima kasih atas kehadiran rombongan Pokja III PKK Kota Yogyakarta. Salah satu  potensi di wilayah Mergangsan, ada di Kel. Wirogunan yang berada di RW 02.  Bank sampah

Ketua rombongan, Ibu Falen Siswati dalam sambutannya menyampaikan studi tiru ini,  sengaja memilih RW 02 Bintaran untuk belajar lebih jauh dalam pengelolaan bank sampah. Berbagai keunggulan ini, akan kita tiru di Kota Yogyakarta.

"Pokja III TP PKK Kota Probolinggo dalam program pengelolaan bank sampah bekerja sama dengan DLH Kota Probolinggo", ujarnya.

Sampah menjadi tanggung jawab bersama, berbagai cara dalam pengelolaan sampah agar sampah bermanfaat dalam kehidupan.(KangRozaq)

#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#RW02Bintaran
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

Kelurahan Wirogunan Kelurahan Wirogunan Kelurahan Wirogunan
  (11 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat53.85%
Cukup Bermanfaat2.56%
Bermanfaat0%
Kurang Bermanfaat2.56%
Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait