Kelurahan Wirogunan Kukuhkan Kampung Keluarga Berkualitas (KKB)

Wirogunan - Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta, resmi mengukuhkan Pengurus Kampung Keluarga Berkualitas (KKB) di Balai RW 03 Kampung Bintaran, Kamis (20/6). Pengukuhan dilakukan oleh Lurah Wirogunan, Siti Mahmudah Setyaningsih. Ini menandai komitmen bersama untuk mewujudkan keluarga berkualitas di wilayah tersebut.

Acara pengukuhan dihadiri oleh Hayu Sukiyoprapti, S.H., Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dan Data Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta, Ketua Forum Kampung Keluarga Berkualitas (KKB) Kemantren Mergangsan, Ketua LPMK Wirogunan, Pengurus PKK Kelurahan, PKK RW, tokoh masyarakat dan Pengurus KKB Kelurahan Wirogunan.

Dalam sambutannya, Lurah Wirogunan menyampaikan apresiasinya kepada pengurus KKB Wirogunan, yang telah bersedia menjadi pengurus yang hari ini akan dikukuhkan. KKB Wirogunan dibentuk berdasarkan SK Lurah Wirogunan Nomor 11 tahun 2024 tentang Pembentukan Kampung Keluarga Berkualitas (KKB) Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta Periode 2024-2027, tertanggal 7 Mei 2024. Kegiatan KKB yang semua hanya tingkat kampung, dan saat ini menjadi tingkat Kelurahan.

“Mhn bantuannya dan kita bersama-sama untuk mewujudkan kampung berkualitas, sehingga memberikan manfaat yang besar bagi warga masyarakat Wirogunan”, ujar Ibu Ning sapaa akrab Siti Mahmudah Setyaningsih.

Sebenarnya, lanjut Bu Ning, kegiatan KKB ini sudah dilaksanakan oleh pengurus kampung KB tingkat kampung. Hanya saja, saat ini menjadi tingkat kelurahan, sehingga kegiatannya semakian banyak. KKB membangun keluarga berkualitas dari seluruh sektor, baik ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan serta sektor lain, yang bersifat non fisik.

Sementara Hayu Sukiyoprapti, S.H., Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dan Data (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta dalam sambutannya menyatakan apresiasi kepada pengurus KKB Wirogunan yang telah dikukuhkan oleh Lurah Wirogunan.

"DP3AP2KB tidak hanya membentuk, namun juga menjadi tanggungjawab untuk mengawal dan memfasilitasi kegiatan KKB Wirogunan tersebut”, ujar Hayu.

Namun demikian, kami berharap kerjasama dengan berbagai pihak untuk melaksanakan program-program tersebut, sehingga KKB Wirogunan dapat benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat Wirogunan. Peranserta LPMK dan Kelurahan untuk membantu memfasilitasi kegiatan KKB, termasuk dalam mengalokasikan anggaran bagi KKB Wirogunan.

Ketua Forum KKB Mergangsan, MG Yayuk Mujirahayu, memberikan gambaran, bahwa KKB di wilayah Mergangsan perlu gerak yang sama seluruh KKB se-Kemantren Mergangsan. Disamping itu, perlu membuat keunggulan dan inovasi di setiap RW, sesuai dengan kondisi di wilayah RW masing-masing. (KangRozaq)