GASA Wirogunan: Aksi REMEN Kembali Dampingi Warga dalam Pendaftaran Sekolah SMP/SMA/SMK

Wirogunan---Menjelang tahun ajaran baru 2024/2025, Gerakan Aksi Sosial dan Keagamaan (GASA) kembali hadir membantu warga dalam mempersiapkan pendaftaran sekolah bagi putra-putri mereka yang akan memasuki jenjang SMP atau SMA/SMK.

Kegiatan ini merupakan bagian dari aksi Relawan Mengajar (REMEN) yang rutin dilaksanakan oleh GASA untuk membantu masyarakat Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta.

REMEN Wirogunan fokus pada pendampingan kepada orang tua dalam proses pendaftaran sekolah, memilih sekolah yang tepat, serta media sharing untuk menentukan sekolah yang dituju.

Tim relawan aksi REMEN yang terdiri dari para aktivis GASA yang berpengalaman, dengan penuh semangat membantu para orang tua dalam memahami berbagai informasi dan menjawab pertanyaan mereka.

“Aksi REMEN ini telah berjalan lebih dari lima tahun, dan mendapat respon positif dari masyarakat. Bahkan di awal Januari, telah banyak warga yang menanyakan pendampingan tersebut", ujar Raditya, salah satu Tim REMEN.

Menurut Raditya, cukup banyak orang tua di Wirogunan yang telah meminta untuk didampingi dalam proses pendaftaran hingga selesai,  karena keterbatasan informasi dan pengetahuan orang tua. Oleh karena itu, GASA hadir untuk membantu mereka agar proses pendaftaran sekolah dapat berjalan dengan lancar dan anak-anak mereka dapat menentukan pilihan sekolah sesuai dengan prestasi anak maupun afirmasi yang dimiliki.

Sementara Koordinator GASA, Abdul Razaq menyatakan, aksi REMEN Wirogunan akan dimulai sebelum pendaftaran RTO dimulai. Ini dimaksudkan agar orang tua siswa dapat sharing terlebih dahulu, sebelum pendaftaran.

Kami di Tim REMEN hanya membantu, sebisa dan semampu kami, lanjut Razaq, keputusan tetap menjadi kewenangan anak dan orang tuanya. Kami hanya memberikan gambaran hasil analisa, dan pencermatan kami, alternatif dan kemungkinan anak di terima di sekolah tertentu dan hal-hal lain yang diperlukan.

“Alhamdulillah, Lurah Wirogunan men-support aksi REMEN ini. InsyaAllah informasi terkait pendampingan ini, akan kami sampaikan ke warga secara periodik, melalui media yang ada, baik RT, RW, Kampung maupun group WhatsApp yang ada." kata Razaq beberapa waktu yang lalu.

GASA berkomitmen untuk terus membantu masyarakat, sebisa dan semampu yang diikhtiarkan. (ar)


#GASAWirogunan
#relawanmengajar
#REMEN