Kolaborasi Masyarakat: Mewujudkan Kampung Keluarga Berkualitas Wirogunan

Yogyakarta---Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta, menyelenggarakan sosialisasi Peraturan Walikota (Perwal) No. 7 Tahun 2024 tentang "Kampung Keluarga Berkualitas" (KKB) dan sekaligus pembentukan Forum Kampung Berkualitas tingkat Kelurahan, Selasa (7/5/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan di pendopo Wirogunan, yang dihadiri oleh Lurah Wirogunan, perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta, tokoh masyarakat, tokoh agama, aktivis pemberdayaan masyarakat, perwakilan kampung KB dan perwakilan warga se-Kelurahan Wirogunan,

Lurah Wirogunan, Siti Mahmudah Syaningsih dalam sambutannya menyatakan, program BKK sangat penting untuk diterapkan di Kelurahan Wirogunan. Peran serta masyarakat, khususnya aktivis pemberdayaan masyarakat berkolaborasi untuk mewujudkan KKB di Kelurahan Wirogunan.

"Dengan program BKK, diharapkan keluarga-keluarga di Kelurahan Wirogunan dapat menjadi keluarga yang berkualitas, sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera," harap Setyaningsih.

Diantoro Riyadi, dalam paparannya menjelaskan tentang tujuan sosialisasi, maksud dan peran KKB serta kolaborasi program KKB dengan stakeholder yang lain. Program BKK merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dan membangun keluarga yang berkualitas.

“KKB bukan mengambil alih peran lembaga-lembaga yang sudah ada, namun kolaborasi menjadi kata kunci dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mencapai keluarga berkualitas, diperlukan kerjasama dan sinergi dari semua pihak, termasuk pemerintah, keluarga, dan masyarakat.” ujar Diantoro.

Ia juga menjelaskan kelompok kerja KKB berdasarkan Perwal no. 7 tahun 2024, yang terdiri dari Pokja 1 (penyediaan data keluarga dokumen kependudukan), Pokja 2 (perubahan perilaku keluarga), Pokja 3 (peningkatan cakupan layanan rujukan pada keluarga) dan Pokja 4 (penataan lingkungan keluarga dan masyarakat).

Pada kesempatan ini, juga dilakukan pembentukan Forum Kampung Berkualitas tingkat Kelurahan Wirogunan. Forum ini bertugas untuk memfasilitasi pelaksanaan program BKK di wilayah kelurahan.

Forum ini terdiri dari perwakilan dari berbagai unsur masyarakat, seperti tokoh agama, tokoh pemuda, dan perwakilan perempuan serta aktivis pemberdayaan lainnya. Terpilih sebagai ketua Forum, Bapak Arsanto dari Kampung Bintaran, yang sebelumnya juga sebagai ketua Kampung KB Bintaran.

Dengan program BKK dan Forum Kampung Berkualitas ini, diharapkan keluarga-keluarga di Kelurahan Wirogunan dapat menjadi keluarga yang berkualitas, sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera. (KangRozaq)


#KampungKB
#KKBWirogunan
#WirogunanSemarak