RW 24 Mergangsan Kidul, Deklarasikan sebagai Kampung Semanak

Wirogunan - RW 24 Mergangsan Kidul, Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Yogyakarta mendeklarasikan sebagai kampung semanak. Kampung Semanak dimaksudkan sebagai ikhtiar bersama seluruh masyarakat di wilayah RW 24 untuk membangun kebersamaan, keakraban, keramahan dan kekeluargaan.

Tokoh masyarakat RW 24, Abdul Razaq menyatakan, gagasan kampung semanak berawal dari serangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-77 yang melibatkan anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua. Berbagai lomba dan serangkaian kegiatan tersebut memperlihatkan keguyuban, kebersamaan dan gotong royong warga RW 24. Selain itu, komunikasi, dan koordinasi yang terjalin dengan baik diantara warga.

"Serangkaian kegiatan tersebut, melahirkan harapan dan keinginan yang relatif sama, antara anak-anak, remaja dan orang tua. Mereka menginginkan dan berharap kampung RW 24 yang ramah dan penuh keakraban tanpa membedakan tingkat ekonomi, pendidikan dan lain-lain", kata Razaq di balai RT 76 RW 24, Minggu (21/8/2022).

Menurutnya, kampung semanak menjadi harapan warga RW 24 dan menjadi gerakan bersama seluruh warga. Tidak hanya yang menetap di wilayah RW 24, namun juga yang tinggal sementara (kost). "Gagasan mewujudkan kampung semanak perlu menjadi gerakan bersama warga dengan berbagai aksi", ujar Razaq yang juga Ketua Umum LPMK Kelurahan Wirogunan.

Ia melanjutkan, aksi untuk mewujudkan kampung semanak akan dimulai dengan "Dialog Bersama Anak RW 24", dan "Dialog dan Harapan Orang Tua Warga RW 24" serta kegiatan lain.

Sementara Ketua RW 24, Nugroho Sanyoto mengatakan gagasan untuk mewujudkan kampung semanak menjadi tanggung jawab semua warga RW 24. Kampung semanak menjadi cita-cita bersama warga, guna mewujudkan kampung yang nyaman untuk dihuni, kebersamaan, keramahan, kekeluargaan dan toleransi dengan semangat Segoro Amarto.

Saat ini Kampung Mergangsan Kidul RW 24, lanjut Nugroho sebagai Kampung Ramah Anak (KRA). Selain itu keberadaan Masjid Baiturrahman yang berlokasi di RW 24 ditetapkan sebagai Masjid Ramah Anak (MRA). Adanya keinginan dan harapan dari warga untuk menciptakan lingkungan yang nyaman, ramah dan penuh kekeluargaan.

"Kami berharap dukungan dan partisipasi seluruh warga untuk mewujudkan RW 24 sebagai kampung semanak. Kampung yang bersifat ramah, akrab, dan kekeluargaan. Minggu, 21 Agustus 2022 menjadi awal gerakan mewujudkan RW 24 sebagai Kampung Semanak", harap Nugroho

Kampung semanak menjadi kampung harapan semua warga RW 24 berpijak pada semangat Segoro Amarto, dengan nilai-nilai kedisiplinan, kepedulian sosial, gotong royong dan kemandirian. (KangRozaq)

#RW24KampungSemanak
#WirogunanSemarak