Kelurahan Wirogunan: Memupuk Padi Merangkai Hati

Wirogunan-Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta merupakan salah satu kelurahan di Kota Yogyakarta yang memiliki sawah dengan luas sekitar 3 hektar. Potensi sawah yang dimiliki diharapkan dapat menjaga ketahanan pangan masyarakat Kelurahan Wirogunan. Sawah tersebut dikelola oleh Kelompok Tani Rahayu Santosa yang beranggotakan 6 orang.

Gerakan memperkenalkan wisata sawah berbasis masyarakat yang dikemas dalam Wisata Sawah di Tengah Kota Yogyakarta menjadi gerakan bersama, baik masyarakat maupun Kelurahan, Kemantren dan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta.

Belum lama ini, diselenggarakan kegiatan pemupukan padi, dengan tajuk acara "Memupuk Padi, Merangkai Hati”. Kegiatan tersebut diselenggarakan Kelurahan Wirogunan bersama Kelompok Tani Rahayu Santosa dan Mahasiswa KKN-PPM UGM. Kegiatan tersebut didukung Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta dan Kemantren Mergangsan Kota Yogyakarta.

Acara pemupukan bersama dihadiri Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Kemantren Mergangsan, Kelurahan Wirogunan, Kelurahan Keparakan, Kelurahan Brontokusuman, Puskesmas Mergangsan, Koramil Mergangsan, KUA Mergangsan, anggota Kelompok Tani Rahayu Santoso serta diikuti oleh Mahasiswa KKN-PPM UGM.

Penyelenggaraan acara dilakukan dalam rangka untuk memperkenalkan potensi sawah yang dimiliki oleh Kelurahan Wirogunan.

Acara pemupukan padi bersama diawali dengan apel pagi di Kelurahan Wirogunan dipimpin oleh Bapak Mantri Pamong Praja, kemudian dilanjutkan menuju sawah untuk melakukan pemupukan. Pemupukan padi, diawali oleh Mantri Pamong Praja Mergangsan Pargiyat, SIP, Lurah Wirogunan Siti Mahmudah Setyaningsih, S.AP, dan unsur Forkopimka Mergangsan lainnya. Selanjutnya oleh Mahasiswa KKN-PPM UGM.

Plt Lurah Wirogunan, Siti Mahmudah Setyaningsih menyatakan melalui kegiatan ini, mahasiswa KKN-PPM UGM dapat membantu para petani, juga sarana belajar secara langsung tentang cara memupuk padi.

"Dengan kegiatan ini, diharapkan menjadi wisata alternatif berbasis masyarakat bertajuk Wisata Sawah di Tengah Kota Jogja", ujar Siti Mahmudah yang juga Kajawat Sosial Kemantren Mergangsan, Rabu (20/7/2022) via WhatsApp.

Mau berwisata sawah di tengah Kota Jogja? Silakan  datang ke Wirogunan. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#KKNPPMUGM
#LPMKWirogunan