Koramil Mergangsan : Meneguhkan Komitmen melalui Komunikasi Sosial dengan Komponen Masyarakat

Wirogunan: Komunikasi Sosial (Komsos) menjadi bagian penting dalam menjaga hubungan yang harmonis antara TNI dengan masyarakat. Komsos menjadi agenda rutin bagi Koramil 0734/06 Mergangsan, baik dilaksanakan secara formal maupun non formal.

Komsos sebagian bagian dari upaya mempererat tali silaturahmi dan kerjasama yang baik dalam rangka mendukung tugas tugas serta terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Komsos dilaksanakan di pendopo Wiroguno, Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta, Kamis (14/7/2022).

Hadir dalam kegiatan Komsos, Komandan Koramil Mergangsan Mayor Inf E. Andrianto, Jawatan Keamanan Mergangsan, Memoris Timotius, Lurah Wirogunan, Siti Mahmudah Setyaningsih, Babinkamtibmas, LPMK se-Mergangsan, Ketua Kampung, TP PKK, Tokoh Masyarakat dan Aktivis Sosial Masyarakat.

Danramil Mergangsan menyatakan Babinsa adalah ujung tombak satuan di lapangan, maka kegiatan Komsos yang dilaksanakan oleh Babinsa dapat diterima positif oleh masyarakat.

Menurutnya, seluruh anggota Koramil 06/Mergangsan secara rutin dan berkesinambungan melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat di wilayah binaannya.
 
“Babinsa melakukan Komunikasi Sosial untuk menjaga hubungan yang harmonis antara TNI dengan masyarakat binaannya, dengan mendatangi dan berkomunikasi bersama warga, tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya,” tutur Mayor Inf E. Andrianto.

Ia melanjutkan, Komsos yang dilaksanakan saat ini dengan tema "Generasi Muda sebagai Wirausaha Milenial Inovatif Berwawasan Kebangsaan". Tema tersebut dimaksudkan semua aktivitas ekonomi, khususnya bagi milenial yang kreatif dan inovatif agar berwawasan kebangsaan. Mengedepankan nilai-nilai kebangsaan menjadi modal utama bagi Milenial.

Nilai-nilai kebangsaan, lanjut Andrianto merupakan nilai yang melekat pada diri setiap warga negara atau norma-norma kebaikan yang terkandung dan menjadi ciri kepribadian bangsa Indonesia yang bersumber dari nilai-nilai Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Nilai-nilai kebangsaan tersebut terdiri dari Nilai religius, nilai kemanusiaan, nilai produktivitas, nilai keseimbangan, nilai demokrasi, nilai kesamaan derajat dan nilai ketaatan hukum.

Komsos yang dikemas dalam sarasehan dan dialog untuk mendengar aspirasi dan informasi dari masyarakat. Aspirasi tersebut menjadi masukan untuk koordinasi di tingkat Forkompimca Mergangsan.

Informasi dari masyarakat, antara lain terkait penggunaan gadget bagi anak dan remaja, pentingnya sidak dan patroli di lokasi tertentu yang dianggap rawan, dinamika politik menjelang pemilu 2024 dan pentingnya komunikasi dan koordinasi dengan tokoh masyarakat.

Sementara Lurah Wirogunan, Siti Mahmudah Setyaningsih menegaskan dalam mengatasi suatu masalah, dilakukan dengan mengedepankan secara komunikatif dan kekeluargaan. Untuk itu perlu dukungan semua pihak, baik Koramil, Polsek dan tokoh masyarakat.

"Mari kita jaga ketertiban dan keamanan di wilayah masing-masing. Kalaupun ada masalah, jangan sampai menular kepada warga yang tidak bermasalah", harap Plt Lurah Wirogunan.

Komsos dengan komponen masyarakat berakhir dengan komitmen bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Pemetaan potensi konflik dan permasalahan perlu menjadi perhatian serius bagi tokoh masyarakat. (KangRozaq)

#Koramil06Mergangsan
#Babhinkamtibmas
#Babinsa
#WirogunanSemarak