Nasiyar, PSM Wirogunan Ikuti Seleksi Pekerja Sosial Masyarakat Prestasi Tingkat DIY Tahun 2022

Wirogunan-Nasiyar, salah satu Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kelurahan Wirogunan berhasil maju mewakili Kota Yogyakarta dalam seleksi pekerja sosial masyarakat prestasi tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pelaksana seleksi tingkat DIY dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap paparan/presentasi dan kunjungan lapangan. Paparan dilaksanakan di Kantor Dinas Sosial DIY, Senin (20/6/2022).

PSM berprestasi merupaka Pekerja Sosial masyarakat yang memiliki akumulasi dari semangat sikap kesukarelaan dan kesetiakawanan serta kebersamaan yang mampu memecahkan berbagai masalah sosial yang tumbuh dan berkembang
ditingkat lokal sesuai dengan tugas pokok dan fungsi PSM. Beberapa kriteria seleksi PSM tingkat DIY, antara lain memiliki jiwa pengabdian, integritas, kepribadian, memiliki prestasi dan dapat diterima dan dikembangkan di masyarakat
atas dasar kesadaran tanggung jawab kebersamaan kekeluargaan dan mengabdian di bidang pembangunan kesejahteraan sosial. Selain itu, memiliki nilai kemajuan dan kualitas hidup yang ditandai dengan pengakuan warga masyarakat dalam kontribusi hasil karya nyata.

Pembukaan seleksi PSM Prestasi DIY dibuka oleh Kepala Dinas Sosial DIY, Endang Patmintarsih. Pembukaan dilaksanakan di aula timur Dinas Sosial DIY.

Endang Patmintarsih, dalam sambutannya menyatakan lomba PSM Prestasi DIY, dimaksudkan agar para PSM/PSKS sebagai penyemangat dalam melakukan pelayanan pendampingan kepada masyarakat. Lomba itu sebagai penyemangat, dan  program-program apa dan pendampingan apa yang telah dilakukan, yang akhirnya kerja PSM  terlihat di masyarakat.

"Kami mengapresiasi dengan kegiatan ini, dan lomba ini untuk penyemangat bagi para PSM. Walaupun lomba di tingkat Nasional tidak dilaksanakan kembali", ujar Endang.

Ia mengajak untuk tetap semangat dalam pendampingan dalam pelayanan masalah kesejahteraan sosial. Ini hal yg baik, untuk terus dilakukan oleh PSM.

Kita tetap akan memprogramkan kegiatan lomba PSM DIY, tambahnya. Ini untuk penyemangat kita semua, kegiatan PSM, perlu diperlihatkan kepada masyarakat agar ditiru dan dicontoh oleh orang lain.

Sementara Kepala Seksi Bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Dinas Sosial Kota Yogyakarta Puji Rahayu, menyatakan Nasiyar dari PSM Wirogunan telah melakukan proses seleksi di tingkat Kota dan mendapatkan nilai terbaik, sehingga mewakili Kota di tingkat DIY.

"Kami berharap, lomba ini menjadi semangat seluruh PSM, dan Nasiyar  tetap semangat dalam melaksanakan tugas pendampingan bagi masyarakat", kata Puji Rahayu disela-sela mengikuti paparan PSM tingkat DIY.

Lomba PSM berprestasi tingkat DIY bukan tujuan, namun sebagai sarana, agar kegiatannya diketahui oleh masyarakat dan ditiru oleh pihak lain, agar PSM terus berbuat bagi masyarakat. (KangRozaq)

#PSMWirogunan
#WirogunanSemarak