Sinergisitas Kelurahan Wirogunan dalam Aksi

Kelurahan Wirogunan menggiatkan kembali aksi Bang Samat (Sambang Sahabat Asrama dan Rumah Kost) di wilayah Kelurahan Wirogunan. Guna memaksimalkan aksi tersebut, dilakukan rapat koordinasi yang dilaksanakan di pendopo Wiroguno, Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Yogyakarta, Selasa (7/6/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut PLT Lurah Wirogunan, Siti Mahmudah Setyaningsih, Ketua LPMK, Abdul Razaq, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua TP PKK Wirogunan, Ketua Kampung Bintaran, RT dan RW di wilayah Bintaran, dan staf Kelurahan.

Siti Mahmudah Setyaningsih, PLT Lurah Wirogunan menyatakan aksi Bang Samat sebagai aksi bersama, bersinergi dan berkolaborasi semua kelembagaan tingkat kelurahan, Babinsa dan Babinkamtibmas. Aksi ini, sebagai aksi pertama sejak menjabat sebagai pelaksana tugas Lurah Wirogunan. Kegiatan Bang Samat akan dilaksanakan, Jum"at (10/6/2022) jam 07.30 WIB di wilayah Kampung Bintaran.

Menurutnya, salah satu pertimbangan aksi Bang Samat di wilayah Kampung Bintaran, dikarenakan terdapat lima Asrama, yaitu Asrama Riau, Asrama Sulawesi Tengah, Asrama Kalimantan Barat Putra dan Putri, Asrama Bundo Kanduang, dan Asrama Safri Gading. Aksi Bang Samat akan terus berlanjut di wilayah lain, baik secara formal maupun informal.

"Aksi Bang Samat Wirogunan, berkolaborasi juga dengan program TP PKK Wirogunan, antara lain Paredi (penyuluhan anak remaja era digital) dan Gosahaja (gerakan orang tua sahabat remaja)", ujar Nining, sebutan akrab PLT Lurah Wirogunan..

Sementara Ketua LPMK Wirogunan, Abdul Razaq menegaskan dalam aksi Bang Samat ini akan melibatkan seluruh kelembagaan tingkat kelurahan, utamanya Babinsa dan Babinkamtibmas. Selain itu, juga akan berkolaborasi dengan Jaga Warga dan Pengurus Panca Tertib.

Aksi Bang Samat, lanjut Razaq, antara lain edukasi kepada penghuni asrama dan rumah kost terkait dengan Perwal No 49 tahun 2022 tentang Jam Malam Anak. Selain itu, edukasi tentang administrasi Kependudukan, pentingnya komunikasi dengan pengurus RT, RT dan Kampung serta keterlibatan dalam menjaga kondusifitas Wilayah dan Kota Yogyakarta.

"Bang Samat Wirogunan, sebagai upaya bersama dalam menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanan wilayah Wirogunan", kata Razaq.

Razaq, yang juga Ketua GASA (Gerakan Aksi Sosial dan Keagamaan) menambahkan pentingnya upaya bersama, dengan aksi nyata di masyarakat. Bersinergi dan berkolaborasi dengan semangat kebersamaan, menjadi pijakan bersama dalam menjalankan aksi Bang Samat.

"Keamanan, ketertiban dan kenyamanan menjadi harapan semua pihak, tidak hanya temen-temen penghuni asrama dan rumah kost, namun juga seluruh warga di kelurahan Wirogunan", pungkasnya  (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#LPMKWirogunan
#GASAWirogunan