Sahabat GASA : Inisiasi Bantu Warga Renovasi Rumah Sederhana

Sahabat GASA (Gerakan Aksi Sosial dan Keagamaan) Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta, tergerak untuk berbuat untuk warga. Kali ini akan membantu renovasi rumah sederhana salah satu warga di wilayah RW 22, Mergangsan Kidul.

Semangat membantu renovasi rumah tersebut, bermula dari salah satu sahabat GASA (sebutan bagi aktivis/relawan GASA) setelah melihat kondisi rumah yang jauh dari layak untuk dihuni. Saat hujan beberapa bulan yang lalu, air hujan dengan leluasa masuk rumah. Bahkan, kamar mandi, dapur dan tempat tidur tidak lagi ada sekat. Apalagi ruang tamu, dipastikan tidak ada dalam rumah tersebut. Selain itu, diperkirakan tidak akan lama, salah satu dinding tembok rumah akan runtuh, karena pondasi yang seadanya.

Kondisi yang demikian, menggugah hati pada sahabat GASA untuk berbuat sesuatu, guna membantu renovasi rumah sederhana tersebut. Koordinasi dan komunikasi terus dilakukan, tidak hanya antar sahabat GASA, namun juga dengan pihak-pihak lain, baik pengurus kampung maupun lurah Wirogunan.

Abdul Razaq, Ketua GASA Wirogunan menyatakan, hasil koordinasi dan komunikasi di internal sahabat GASA maupun dengan pihak-pihak terkait lainnya, akhirnya membentuk Tim Aksi GASA Bantu Renovasi Rumah Warga, guna merealisasikan rencana renovasi tersebut.

“Rumah yang akan dibantu tersebut, sebenarnya telah diusulkan beberapa kali kepada pemerintah, namun karena terbatasanya legalitas formal beberapa kali pula belum memenuhi syarat. Semakin lama, tentu kondisinya semakin memprihatinkan”, ujar Razaq, beberapa waktu yang lalu di pendopo Wiroguno, Kel. Wirogunan.

Menurutnya, penghuni rumah beberapa kali telah memperbaiki bagian yang rusak. Perbaikan dilakukan sendiri dari uang parkir yang dia peroleh setiap harinya. Namun hasil parkir yang dihasilkan sebagian besar hanya cukup untuk makan sehari-hari bersama Bapaknya.

Sementara Ketua Tim Aksi GASA Bantu Renovasi Rumah Warga, FX. Hery Nugroho menegaskan, renovasi yang akan dilakukan semata-mata panggilan hati, setelah melihat kondisi rumah yang sangat layak untuk dibantu. Tidak hanya akan dilakukan oleh sahabat GASA, namun mengajak warga lain untuk bergotong royong dalam renovasi rumah tersebut.

“Kami mengajak warga, khususnya warga Wirogunan untuk bergandengan, bergotong royong membantu renovasi rumah tersebut. Silahkan hubungi Herond Henry (0821-3421-1070) atau Nasiyar (0813-2849-9049)”, ujar Hery di Sekretariat GASA Wirogunan, Bintaran, Yogyakarta, Selasa (7/9/2021)

Hery menambahkan, seluruh bantuan akan dilaporkan kepada masyarakat, sebagai wujud keterbukaan untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Masyarakat dapat melihat langsung dilokasi rumah yang segera akan direnovasi. Direncanakan akan dimulai pada akhir bulan September. (KangRozaq)


#AksiGASABantuRenovasiRumahWarga
#GASAWirogunan
#AbdulRazaq