TKC

Tim Kubur Cepat (TKC) “Pameling Jiwa” bentukan GASA (Gerakan Aksi Sosial dan Keagamaan) Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta, lakukan pemakaman malam hari, Jum'at (20/8/2021). Pemakaman dilaksanakan di Pemakaman Pamotan, Kampung Wirogunan atas nama Yoseph Semi Murdaim (91 thn) warga RW 09 dengan protokol Covid-19.

Penguburan malam hari, bagi TKC “Pameling Jiwa” sebagai pengalaman pertama sejak TKC dibentuk. Berbagai persiapan dilakukan, sejak pengecekan sarana prasarana, memastikan ketersediaan lampu penerangan, koordinasi anggota Tim, dan memastikan APD terpasang sesuai protokol kesehatan.

Semula informasi pemakaman dengan protokol Covid-19 diterima Koordinator TKC, Nasiyar melalui Ketua RW 09, Yogi Prast. Informasi tersebut segera ditindaklanjuti dengan koordinasi teknis bagi anggota TKC untuk pelaksanaan penguburan

Anggota TKC mempersiapkan segala sesuatunya di Pendopo Wiroguno, Kel. Wirogunan. Selanjutnya bergerak menuju RS Sardjito, untuk ambil  jenazah, kemudian  bergerak menuju makam Pamotan.

“Alhamdulillah penguburan jenazah berjalan lancar, aman, dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Banyak  pelajaran yang berarti/hikmah bagi anggota TKC, antara lain semua manusia pasti akan meninggal. Saatnya memperbanyak bekal, dengan terus berbuat baik", ujar Nasiyar di pendopo Wiroguno, Kelurahan Wirogunan, Sabtu (21/8/2021)

Ia melanjutkan, banyak cerita berharga  dengan nilai yang berarti bagi Anggota TKC "Pameling Jiwa" dalam penguburan malam hari. Nilai kebersamaan, toleransi, kerjasama dan gotong royong serta penghormatan bagi sesama adalah pelajaran berharga bagi Anggota TKC.

Sementara Ketua GASA Wirogunan, mengatakan mengapresiasi aktivis TKC Pameling Jiwa yang dengan sigap bergerak dalam penguburan jenazah. Aksi ini sebagai panggilan hati yang tidak semua orang bersedia.

"Aksi TKC Pameling Jiwa sebagai bagian dari upaya memantaskan diri dihadapan Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini sejalan dengan motto GASA, memanfaatkan hidup untuk hidup bermanfaat", pungkasnya (KangRozaq)

#TKCPamelingJiwa
#GASAWirogunan
#AbdulRazaq