Shelter RW 01, Siap Digunakan Warga RW 01 Kampung Bintaran

Kasus terkonfirmasi Covid-19 dan warga yang isolasi mandiri cenderung mengalami kenaikan di wilayah Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta. Berbagai upaya dilakukan oleh pengurus RT, pengurus RW dan Satgas Covid-19 tingkat Kelurahan, serta Puskesmas untuk mengurangi laju kenaikan tersebut. Tidak hanya edukasi yang secara terus menerus dan berkelanjutan, namun upaya pengetatan dalam isolasi mandiri.

Hal yang sama, juga dilakukan oleh Ketua RW 01, bersama pengurus RT dan pengurus kampung wilayah Bintaran. Edukasi protokol kesehatan dilakukan disetiap kesempatan, baik langsung maupun online, melalui group WhatsApp yang ada. Selain itu, bagi warga yang sedang isolasi mandiri, diintervensi dengan pemberian bantuan bahan makanan pokok, maupun makanan siap saji yang dilakukan bergotong royong. 

Ketua RW 01, Herry Nugroho mengatakan, pertumbuhan terkonfirmasi Covid-19 dan warga isolasi mandiri yang cenderung naik tersebut, telah diantisipasi di wilayah RW 01. Salah satunya dengan menyediakan Shelter Swadaya khusus warga RW 01. Selain itu, edukasi protokol kesehatan kepada warga dilakukan secara terus menerus.

“Semua yang masuk kesini harus diperiksa dan dipastikan kondisinya. Sangat mungkin, warga yang sehat akan ditempatkan di shelter, sementara yang positif tetap di rumah pribadi”, kata Herry saat berada di Shelter, Senin (12/7/2021)

Menurutnya, shelter ini pernah digunakan warga beberapa waktu yang lalu. Warga merasakan manfaatnya, karena kondisi lingkungan di wilayah RW 01 yang cukup padat. Bahkan ada sebagian warga dalam satu rumah dengan 3 (tiga) hingga lebih Kepala Keluarga (KK). (KangRozaq)

#SatgasRW01
#KampungBintaran
#SatgasCovid-19Wirogunan
#GASAWirogunan