Lurah Wirogunan Kukuhkan Pengurus Kampung Keluarga Berkualitas Bintaran

Program Kampung Keluarga Berkualitas diperkenalkan BKKBN tahun 2020, sebagai nuansa baru dari Program KB. Program Kampung Keluarga Berkualitas dimaksudkan agar masyarakat tidak berpendapat bahwa program Kampung KB, berkonotasi pada pembatasan jumlah anak, bahkan pemandulan. Namun, membangun kampung dari seluruh sektor baik ekonomi, kesehatan, dan pendidikan untuk kesejahteraan masyarakat.

Kampung Keluarga Berkualitas bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat  di tingkat kampung, melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan sektor lain dalam keluarga guna mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Kampung Sekar Mekar Bintaran, salah satu  Kampung Keluarga Berkualitas di Kota Yogyakarta, yang dikukuhkan Lurah Wirogunan, pada Sabtu (12/6/2021). Pengukuhan Kampung Sekar Mekar Bintaran tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor : 16/2021, tertanggal 12 Juni 2021, masa bakti 2021-2024.

Pengukuhan dilaksanakan di ruang publik RW 01, yang dihadiri Kasie Pengendalian Penduduk, Ertiana mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta. Lurah Wirogunan, Diah Kristiani, Ketua LPMK, Ketua Kampung Bintaran, Ketua RW dan Ketua RT se-Kampung Bintaran, dan Tokoh Masyarakat.

Ertiana dalam sambutannya menyatakan Kampung Keluarga Berkualitas menjadi semangat baru, untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di kampung bintaran. Kampung berkualitas  tudak hanya terkait keluarga berencana, namun juga sosial kemasyatakatan, dan peningkatan ekonomi keluarga.

Ia mengapresiasi peranserta masyarakat dalam menumbuhkembangkan kampung keluarga berkualitas di wilayah Bintaran. Diperlukan sinergisitas antar semua pihak atas keberlangsungan kampung keluarga berkulitas.

"Masa pandemi saat ini, jangan menyurutkan dalam berkegiatan dalam membangun dan mengembangkan kampung keluarga berkualitas, dengan tetap menjaga protokol kesehatan", tegasnya.

Ketua Kampung Bintaran, Andi Maulana dalam sambutannya berharap semua pengurus saling membantu dan bersinergi serta menumbuhkan kebersamaan dalam membantu program kegiatan Kampung Keluarga Berkualitas, agar berjalan dengan baik.

Ia menjelaskan, beberapa catatan penting di kampung Bintaran, antara lain tingkat perkawinan, ada yang masih di bawah umur, dan perceraian yang cukup tinggi.

Diperlukan edukasi kepada masyarakat, khususnya warga yang memiliki anak remaja dan warga yang rentan, guna menuju keluarga yang sejahtera.

"Harapannya, agar masyarakat teredukasi dalam membina keluarga yang harmonis", tegas Andi.

Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat dengan program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat  dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. (KangRozaq)

#AbdulRazaq
#KampungBintaran
#KampungKeluargaBerkualitas
#LPMKWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat