Aksi

Aksi Gerbang Surga (Gerakan Bangkit Serentak untuk Warga) Wirogunan kunjungi tempat Sholat Ied, di malam lebaran, Rabu (12/05/2021).

Sebanyak 19 tempat sholat Idul Fitri, baik masjid, Musholla maupun tanah lapang tersebar di Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta. Kunjungan.

Kunjungan lapangan aksi Gerbang Surga dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kelurahan,  dan kelembagaan sosial, antara lain LPMK, GASA, DMI (Dewan Masjid Indonesia) Wirogunan Plus, FKDM, BKM Bhakti Wiraguna, PSM Wirogunan, Karang Taruna, serta didukung Babinsa dan Babinkamtibmas. Turut serta dalam kunjungan Mantri Pamong Praja, Rini Rahmawati, Lurah Wirogunan, Diah Kristiani, Mantri Anom, Pargiyat.

Kunjungan dimaksudkan untuk memastikan kesiapan panitia penyelenggara Sholat Ied, khususnya dalam penerapan protokol kesehatan. Selain itu, sebagai tindak lanjut komitmen bersama pada Selasa (11/05/2021), bertempat di Pendopo Wiroguno, Kel. Wirogunan.

Lurah Wirogunan, Diah Kristiani, menyatakan hasil kunjungan di lapangan, menambah keyakinan, kesiapan dalam menyelenggarakan sholat ied. Komitmen penyelenggara terlihat dari kesiapan yang dilakukan, baik tersedianya masker, thermogun, dan jarak antar jamaah.

"Kami yakin dan percaya, seluruh panitia penyelenggara, DMI Wirogunan dan seluruh Takmir telah mencermati, menyiapkan dan memperhatikan protokol kesehatan. Semua untuk kebaikan bersama”, kata Diah di Pendopo Wiroguno.

Sementara Ketua Gerbang Surga, Wahyu Winarto yang juga sebagai pejabat Sekretaris Kelurahan Wirogunan, menegaskan beberapa titik lokasi tempat ibadah telah siap. Penyelenggara telah memperhatikan arahan dari Mantri Pamong Praja Mergangsan dan komitmen bersama.

Pengaturan shaf sholat telah memenuhi syarat protokol kesehatan. Selain itu, panitia penyelenggara telah mendeteksi jamaah yang akan hadir dan mengikuti sholat Ied.

Pembatasan jamaah hanya di lingkungan RT, dan RW menjadi pilihan bagi penyelenggara Sholat Ied. Pilihan ini, untuk antisipasi penyebaran Virus Covid-19.

"Upaya bersama dalam aksi Gerbang Surga yang didukung banyak pihak, sebagai ikhtiar bersama dalam memutus penyebaran Virus-19", ujar Wahyu disela-sela peninjauan di halaman masjid Al-Mizan Kampung Surokarsan.

Kunjungan aksi Gerbang Surga, juga dilakukan di Gereja Santo Yusuf Bintaran, yang lokasinya berdekatan dengan tempat pemyelenggaraan Sholat Ied. Pada hari Kamis (13/05/2021) pagi, akan dilaksanakan kegiatan misa, yang hampir bersamaan dengan sholat Ied.

Gerbang Surga sebagai bagian dari ikhtiar bersama dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kelurahan Wirogunan. Selain itu, sebagai upaya menjaga dan meneguhkan kerukunan umat beragama. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#GerbangSurga
#LPMKWirogunan
#AbdulRazaq