LPMK Wirogunan, Hadirkan Chef Internasional untuk Kurasi Pelaku Usaha Kuliner

Kelurahan Wirogunan bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Wirogunan akan menghadirkan Chef Priyo Purnomo untuk kurasi pelaku usaha kuliner se-Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Kurasi akan dilaksanakan selama dua hari, mulai Kamis (10/12/2020) dan Jum’at (11/12/2020). Kurasi ini dimaksudkan menilai, memberi masukan dan sharing pengalaman kepada pelaku usaha kuliner.

Chef Purnomo adalah seorang Chef lulusan dari Sekolah Perhotelan di Bali dan berpengalaman sebagai Chef di berbagai hotel berbintang, seperti Kartika Plaza Bali, Pertamina Cottage, Yogyakarta Plaza dan berbagai hotel lainnya. Selain itu ia speciality Chef di Sapporo Jepang, Malaysia Chef, Chonocco Philip Australia dan Negara China.

Peserta dalam kurasi utamanya berasal dari kelompok Nglarisi Gandeng Gendong di Kelurahan Wirogunan. Sebanyak 10 Kelompok dengan jumlah peserta 81 orang. Tidak menutup pelaku kuliner lain akan hadir dalam kurasi tersebut.

Abdul Razaq, Ketua LPMK Wirogunan menyatakan kurasi tersebut sebagai bagian dari rangkaian “Festival Wirogunan” yang diselenggarakan Kelurahan Wirogunan tahun 2020. Berbagai kegiatan dalam Festival Wirogunan telah dilaksanakan, antara lain lomba mewarnai dan menggambar, greget kampung hijau, gerakan relawan hijau, dan SiNora (Aksi Donor Darah).

Selanjutnya ia menjelaskan bagi kelompok Nglarisi Gandeng Gendong juga sebagai upaya validasi data anggota dan meningkatkan kualitas produk kuliner bagi anggotanya. Setiap peserta wajib membawa contoh produk untuk dikurasi.

“Kegiatan kurasi yang dilaksanakan ini sebagai bagian dari program gandeng gendong. Chef Purnomo akan berbagi pengetahuan, pengalaman dan ketrampilannya. Sekaligus akan memotivasi pelaku usaha dalam meningkatkan kualitas produknya”, ujar Razaq dalam kesempatan rapat koordinasi di Kelurahan Wirogunan, Selasa (09/12/2020).

Pada pelaksanaan kegiatan, tetap mengikuti protokol kesehatan, lanjut Razaq. Setiap peserta wajib menggunakan masker, mencuci tangan di tempat yang telah tersedia dan menjaga jarak.

Kurasi ini sebagai salah satu upaya kebangkitan ekonomi masyarakat, khususnya bagi pelaku usaha kuliner. Diperlukan semangat bergandengan dan bergendongan dalam pemberdayaan masyarakat. Semua pihak perlu berkolaborasi untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat, walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19.

Warga Kel. Wirogunan yang berminat mengikuti kegiatan ini, silahkan segera mendaftar. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat