Manfaatkan Pekarangan, KWT Rotu Asri Wirogunan Penuhi Kebutuhan Pangan

Kelompok Wanita Tani (KWT) Rotu Asri salah satu KWT di wilayah Kelurahan Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Lokasi KWT Rotu Asri berada di RT 27 RW 08, Kampung Wirogunan.

KWT Rotu Asri yang berdiri 11 Juli 2018, hingga saat ini semakin tumbuh dan berkembang. Rotu Asri telah banyak memberikan manfaat bagi perorangan, lingkungan maupun kelurahan. Lokasi yang semula kumuh dan tidak terawat, saat ini terlihat hijau dan asri. Lebih dari itu, telah dirasakan manfaatnya bagi anggota maupun masyarakat, khususnya di wilayah RW 08.

Keberadaan KWT Rotu Asri bermula dari lahan kurang produktif, tidak terawat dan kumuh, dengan rumah yang juga tidak berpenghuni milik Bapak Mulinda, asal Aceh. Namun dalam perkembangannya, memperluas dengan memanfaatkan lorong gang sempit, dan beberapa lahan tidur disekitarnya.

Saat ini tidak kurang dari 250 jenis tanaman sayur dan tanam toga telah ditanam oleh Rotu Asri.

Ketua Rotu Asri, Komarasila, yang juga ibu RT 27 RW 08 ini, menyatakan nama Rotu Asri berasal dari "Loro Pitu yang artinya dua puluh tujuh, yang bermakna RT 27. Sementara Asri, bermakna agar lingkungan terlihat indah.

"Rotu Asri hingga seperti ini melalui proses yang cukup panjang. Banyak rintangan dan ujian untuk menurunkan semangat dan kebersamaan kita. Alhamdulillah, kami terus komunikasi dengan anggota untuk saling menguatkan", ujar Ibu Kokom di lokasi Rotu Asri, Ahad (29/11/2020)

Lebih lanjut, ia menyatakan berbagai sayuran dari sawi, terong, cabe, kangkung dan lain-lqin menghiasi lorong sehingga kesan asri. Disamping berbagai tanaman toga dan buah-buahan.

Pengelolaan tanaman dilakukan secara bersama-sama dengan pelaksanaan kerjabakti serta pertemuan yang dilaksanakan dua minggu sekali. Dalam pertemuan didiskusikan tanaman sayur yang akan ditanam, jumlah dan lokasi pertanaman. Juga kendala yang dihadapi selama masa pemeliharaan, baik hama maupun penyakit yang menyerang.

Upaya KWT Rotu Asri dalam mengembangkan wilayah dengan pertanian sistem perkotaan untuk penyediaan pangan yang sehat, dekat dan selalu tersedia setiap saat.(KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#KWTRotuAsri
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat