Warga Kampung Wirogunan Lakukan Mapping Wilayah untuk Penyusunan Masterplan

Masterplan kampung sebagai rencana induk dari semua rencana pengembangan kampung berbasis kebutuhan dan keinginan warga dalam kurun waktu tertentu. Kampung Wirogunan, salah satu dari tujuh kampung di Kel. Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta melakukan mapping potensi wilayah. Mapping tersebut sebagai langkah awal dalam tahapan proses penyusunan masterplan.

Proses penyusunan masterplan melibatkan tokoh masyarakat dan stakholder yang ada dalam bentuk Sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan dilakukan di Balai kampung Wirogunan, Minggu (20/09/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Camat Mergangsan, Pargiat, Lurah Wirogunan, Diah Kristiani, Ketua LPMK yang juga sebagai Ketua Forum Gandeng Gendong (Gage) Kota Yogyakarta, Abdul Razaq, pengurus kampung, pengurus RT, RW, pemuda dan tokoh masyarakat.

Sosialisasi disampaikan Ketua Forum Gage Kota Yogyakarta, Abdul Razaq. Sementara proses FGD didampingi dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DIY.

Abdul Razaq menjelaskan Kelurahan Wirogunan sebagai pilot project penyusunan masterplan. Disamping kelurahan Gedongkiwo dan Karangwaru.

Ia menegaskan berkolaborasi untuk menggapai mimpi Kampung Wirogunan menjadi komitmen bersama. Mapping potensi wilayah, harapan masa depan, dan kegiatan dalam mendukung mimpi menjadi agenda dalam FGD.

"Berkontribusi dengan menginvestasikan pengetahuan dalam proses penyusunan masterplan, menjadi nilai tersendiri bagi warga", ujarnya

Partisipasi aktif warga dengan menuliskan harapan dan mimpi atas kampung Wirogunan, potensi yang ada, kegiatan yang direncanakan dan hambatan dalam pelaksanaan sebagai salah satu bagian sumbangsih investasi.

Camat Mergangsan yang diwakili Sekretaris Camat (Sekcam) Pargiat, dalam sambutan menjelaskan program penyusunan masterplan sebagai bagian dari perencanaan.

Ia mengungkap Kelurahan Wirogunan, menjadi pilot project masterplan. Pada kesempatan tersebut dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi masyarakat dengan potensi wilayah dan harapan masyarakat.

Masterplan yang disusun nantinya perlu dievaluasi dan dicermati kembali, untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi terkini.

Dokumen masterplan menggambarkan potensi wilayah dan peran pentaholix 5K, yaitu Pemerintah Kota, Korporasi, Kampus, Komunitas dan Kampung.(KangRozaq)

#ForumGandengGendongKotaYogyakarta
#KampungWirogunan
#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat