Warung Digital Wirogunan

KLARISAN.com adalah sebuah waroeng digital/waroeng online sederhana yang dimaksudkan sebagai e-commerce bagi pelaku UMKM di wilayah Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Kata 'Klarisan' diadaptasi dari bahasa Jawa 'Kelarisan'yang dalam bahasa Indonesia berarti banyak pembelinya atau laris-manis. Sesuai dengan harapan para pelaku UMKM agar produk dan jasanya bisa laris-manis diapresiasi oleh masyarakat luas.

Terwujudnya waroeng digital untuk UMKM di Kelurahan Wirogunan ini diprakarsai oleh A.E. Siwi Utami (Lurah Wirogunan), Bambang Hediono (Dosen UKDW), LN Idayani (Ketua Forkom UMKM Kecamatan Mergangsan). Serta admin javaharmony.com yang diberi tugas membantu dalam pelaksanaan teknisnya.

Gagasan lahirnya klarisan.com tersebut pada Selasa, 4 Agustus 2020. Ide awal gagasan dan konsep waroeng digital lahir di Pondok Rajut Jogja Joyonegaran. Gagasan tersebut ditindak lanjuti dengan kerjasama antara Kelurahan dengan Inoversitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Fakultas Bisnis dan Fakultas Teknik Informatika.

Wilayah Kelurahan Wirogunan yang berada di tengah-selatan dari pusat Kota Jogjakarta, tidak memiliki potensi sumber daya alam. Sehingga perekonomian masyarakat banyak bertumpu pada industri pariwisata seperti kerajinan, kuliner, konveksi, hotel-guest house, coffee shop, serta produk dan jasa lainnya.

Dari sinilah KLARISAN.com diharapkan mampu menjadi salah satu pendorong peningkatan kualitas UMKM, memperluas promosi dan pemasaran, serta memberikan stimulasi pertumbuhan benih-benih baru pengusaha ekonomi kreatif.

Waroeng digital KLARISAN.com juga mengimplementasi konsep Segoro Amarto (Semangat Gotong Royong Agawe Majune Ngayogyakarta) yang menerapkan prinsip kedisiplinan, gotong-royong, kepedulian sosial dan kemandirian. Selain itu sebagai wujud nyata penerapan program gandeng gendong.

Semoga kehadiran waroeng digital KLARISAN.com bermanfaat bagi perkembangan usaha ekonomi kreatif di wilayah Kelurahan Wirogunan, Kota Jogja dan sekitarnya. Serta menjadi media bertemunya UMKM dengan masyarakat luas di dunia maya.

Abdul Razaq, Ketua LPMK Wirogunan menyatakan UMKM dan pelaku usaha di Wirogunan telah tersedia Waroeng digital klarisan.com. Memanfaatkan media ini sebagai ikhtiar bersama untuk kebangkitan ekonomi di wilayah Wirogunan.

“Kami mengajak kepada seluruh pelaku Usaha dan UMKM di Wirogunan untuk memanfaatkan media ini dengan cara mendaftarkan pada website www.klarisan.com. Daftarnya mudah, dan insyaAllah hasilnya melimpah”, harap Razaq yang juga sebagai Ketua Gandeng Gendong Kota Yogyakarta, Senin (14/09/2020) di Kantor Kelurahan Wirogunan.

Bergandengan, bergendongan untuk Jogjakarta Istimewa. Wirogunan Semangat Maju Bergerak. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#LPMKWirogunan
#AbdulRazaq
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat