Upaya Kebangkitan Ekonomi di Kelurahan Wirogunan dengan Pelatihan

Tim Pemberdayaan Masyarakat Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan bersama Lurah dan Staf Kelurahan adakan rapat koordinasi upaya kebangkitan ekonomi masyarakat, Jum'at (04/09/2020) yang lalu.

Rapat koordinasi dihadiri Lurah Wirogunan, A.E. Siwi Utami, Sekretaris Kelurahan, Kasie Pemberdayaan Masyarakat, Ketua LPMK Wirogunan dan Tim Pemberdayaan Masyarakat Kel. Wirogunan.

Rapat koordinasi dimaksudkan untuk merencanakan realisasi kegiatan pada bulan September. Selain itu, merencanakan teknis pelaksanaan rencana pembuatan masterplan Wirogunan.

Lurah Wirogunan, A.E. Siwi Utami dalam pengantarnya menjelaskan kegiatan di bulan September ini menggunakan anggaran Dakel (Dana Kelurahan). Seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan diarahkan untuk upaya kebangkitan ekonomi masyarakat.

Ana Siwi mengungkapkan masa pandemi Covid-19 ini belum tahu kapan akan berakhir. Sementara kondisi masyarakat Wirogunan, khususnya pelaku usaha perlu upaya untuk menggerakkan kembali secara optimal. Walaupun saat ini sudah mulai menggeliat, namun bila seluruh pelatihan diarahkan pada kebangkitan ekonomi, maka akan sangat membantu pelaku usaha.

"Pelaksanaan pelatihan tetap memperhatikan protokol kesehatan, baik menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan. Ini sebagai upaya memasuki kebiasaan baru, walau tetap dibarengi dengan kewaspadaan dan upaya pencegahan Covid-19.", ujarnya.

Sementara Ketua LPMK Wirogunan, Abdul Razaq menjelaskan pelatihan di bulan September yang akan dilaksanakan, terdiri dari Pelatihan pengolahan makanan berbahan baku ikan dan pelatihan lorong sayur.

Ia mengungkapkan, pelatihan pengolahan makanan berbahan baku ikan akan dilaksanakan pada 22 dan 23 September. Diperuntukan bagi warga yang telah memiliki rintisan usaha kuliner. Selain itu diperuntukkan juga bagi warga yang akan membuka usaha bidang kuliner. Peserta dibatasi maksimal 30 orang untuk masing-masing tanggal pelaksanaan. Pelatihan akan dibimbing praktisi kuliner yang akan dimulai jam 09.00 WIb hingga selesai.

Sementara pelatihan Lorong Sayur diperuntukkan bagi kelompok warga dan kampung hijau dan sekitarnya. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari dimulai Selasa (15/09/2020) hingga Kamis (17/09/2020) dengan peserta yang berbeda.

Hari pertama pelatihan diperuntukkan bagi warga Bintaran dan Surokarsan dengan jumlah peserta 30 orang. Lokasi pelaksanaan direncanakan di balai RW 01 Bintaran. Sementara hari kedua diperuntukkan bagi warga Mergangsan Lor, Wirogunan, Joyonegaran. Sedangkan hari ketiga untuk warga Nyutran, Mergangsan Kidul, dan warga Surokaraan RW 07. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#LPMKWirogunan
#AbdulRazaq
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat