Relawan GEPEMATA RW 24 Sambangi Setiap Rumah Balita

Relawan GEPEMATA (Gerakan Edukasi Pemberian Makanan Tambahan bagi Balita) di wilayah RW 24, Kampung Mergangsan Kidul, Kel. Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta kembali dilaksanakan, Rabu (15/07/2020). Sebanyak 20 Balita didatangi Relawan dari rumah ke rumah untuk memberikan paket makanan tambahan, berupa nasi, lauk, sayur dan buah. Selain itu, juga dilakukan penimbangan dan pengukuran tinggi badan.

Relawan dalam mengunjungi rumah orang tua balita bersama mahasiswa UKDW Yogyakarta dan APMD yang sedang melakukan magang. Keterlibatan mahasiswa tersebut sebagai bagian dari program Pengabdian Masyarakat masing-masing kampus. Program ini sebagai wujud aplikasi gandeng gendong di masyarakat.

Mardiana Wati, sekretaris relawan GEPEMATA menyatakan, aksi Gepemata dilaksanakan setiap bulan pada minggu ke-2. Kegiatan Gepemata oleh relawan sehat kali ini bersama mahasiswa KKN. Kebersamaan ini sebagai wujud nyata aplikasi gandeng gendong.

"Kami juga melakukan sosialisasi kepada orang tua balita tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Disamping, mengingatkan protokol kesehatan, khususnya menggunakan masker dan cuci tangan dengan air mengalir. Bila keluar rumah, selalu menggunaan masker dengan benar", ujar Ana, yang juga sebagai Ketua pendidik dan pengelola PAUD Mekarsari 24.

Relawan Gepemata bersama Mahasiswa kedua institusi tersebut dibagi dua kelompok dalam menyambangi rumah orang tua balita. Pembagian tersebut sesuai dengan kondisi geografis wilayah RW 24 yang terdiri dari 3 RT.

Setiap bertemu dengan balita, di raut wajah balita dan orang tuanya, terlihat kegembiraan, tidak hanya karena mendapatkan paket makanan, namun karena ada perhatian dari relawan dan pengurus PKK.

Ketua GASA Wirogunan (Gerakan Aksi Sosial dan Keagamaan) menyatakan, aksi GEPEMATA ini sebagai upaya menggerakkan aktivitas yandu balita di wilayah Wirogunan dalam masa pandemi Covid-19. Aksi ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Aksi GEPEMATA telah dilaunching Wakil Walikota Yogyakarta yang juga sebagai Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Sabtu (20/6/2020).

"Diharapkan aksi GEPEMATA atau aksi sejenis lainnya, dapat dilaksanakan di seluruh RW di Kel. Wirogunan. Perlu kerjasama semua pihak, untuk saling bergandengan dan bergendongan, guna kegiatan terkait balita tetap dilaksanakan, walau dalam pandemi.Covid-19", pungkas Rozaq yang juga sebagai Ketua LPMK Wirogunan. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#GASAWirogunan
#MasBayuWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat