Mulai Menggeliat Gerakan Aksi Cantelan Sayuran di Wirogunan

Semangat berbagi sayuran diantara warga masyarakat di Kel. Wirogunan mulai menggeliat. Sejak GASA Wirogunan menggelar aksi #03, Minggu (07/06) yang dihadiri Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, semangat berbagi terus  menggeliat. Tidak hanya sayuran, namun dalam wujud lain.

Aksi "Cantelan" sayuran setiap hari terlihat di wilayah RW 16 Kampung Mergangsan Lor dan RW 12 Kampung Joyonegaran. Sayuran dan bahan lauk pauk lain dibungkus plastik dan di-cantelkan di tempat yang telah disediakan sebelumnya. Warga yang membutuhkan dapat mengambil secukupnya secara gratis.

Sayuran dan bahan lauk pauk yang akan di-cantelkan telah dipersiapkan sebelumnya oleh Warga. Persiapan dimulai sejak malam hari, dan pagi harinya mulai di-cantelkan. Mulai jam 07.00, warga yang membutuhkan dapat mengambil secukupnya.

Panitia aksi "Cantelan", berasal dari warga yang tergerak untuk berbuat bagi warga lain. Siapapun boleh terlibat dan berkontribusi dalam aksi tersebut.

Sayuran dan bahan lauk pauk berasal dari warga. Sebagian warga menyumbangkan dana yang diserahkan kepada panitia, dan sebagian yang lain berupa sayuran dan bahan lauk pauk, yang telah dibungkus dan disiapkan dari rumah.

Tidak terlalu lama, cantelan sayuran dan bahan lauk pauk telah diambil oleh warga. Warga yang mengambil paket sayuran dan bahan lauk pauk, berasal dari RW tersebut dan RW disekitarnya.

Aksi "Cantelan" ini dimulai sejak minggu pertama di bulan Juni. Sampai hari ini, di setiap pagi aksi "cantelan" masih dapat dimanfaatkan oleh warga.

Cantelan di RW 16 Mergangsan Lor dan RW 12 Joyonegaran, sebagai wujud nyata penerapan gandeng gendong di masyarakat. Warga bergandengan membantu warga lain yang membutuhkan. Disisi lain warga yang memiliki kelebihan menggendong warga lain untuk  bersama-sama maju dan sejahtera. Bantuan dapat berupa tenaga, pikiran, dana maupun bantuan wujud lain.

A.E. Siwi Utami, Lurah Wirogunan menyatakan apresiasi dan penghargaan kepada warga Wirogunan, khususnya warga di RW 16 dan RW 12 yang telah berbuat dalam aksi Cantelan. Aksi Cantelan  tersebut, sebagai wujud nyata gandeng gendong di masyarakat

"Kami berharap, kegiatan ini terus berlanjut dan dapat diikuti oleh warga lain. Warga di wilayah RW lain, dapat membuat aksi serupa di setiap RW, sehingga dirasakan manfaatnya oleh warga yang lain” harapnya.

Masa pandemi Covid-19, sebagai momentum untuk berbuat terbaik dalam membantu warga yang lain. Aksi "Cantelan" sebagai salah satu kontribusi warga untjk warga yang lain.

Bersama kita bisa, gotong royong modal utama, sebagai landasan dalam ber-aksi.  (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#GASAWirogunan
#MasBayuWirogunan
#AksiCantelanWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat