Relawan Sehat Wirogunan Terus Mendorong aksi GEPEMATA dan GEMMALITA

Relawan Sehat Wirogunan yang dilaunching Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Sabtu (20/06/2020) terus bergerak dan mendorong aksi GEPEMATA dan GEMMALITA agar dilaksanakan di seluruh RW se-Kel. Wirogunan.

GEPEMATA (Gerakan Edukasi Pemberian Makanan Tambahan bagi Anak dan Balita) bertujuan memberikan edukasi kepada orang tua, khususnya orang tua muda atas asupan makanan bergizi bagi balita dan anak. Gepemata sebagai gerakan sosial yang menjadi tanggung jawab semua pihak.

Sedangkan aksi GEMMALITA (Gerakan Edukasi Menggunakan Masker bagi Anak dan Balita), sebagai gerakan edukasi kepada masyarakat, atas pencegahan penularan wabah virus Covid-19. Masyarakat, khususnya lansia, anak dan balita, diimbau selalu menggunakan masker di luar rumah dan memperhatikan protokol kesehatan.

Penggunaan masker sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang. Masker merupakan pelindung diri dari terpaparnya tubuh seseorang oleh virus Covid-19. Meningkatnya rasa takut akan penularan virus Corona membuat sebagian orang tua membiasakan anaknya untuk menggunakan masker saat bepergian atau di tengah keramaian. Sehingga diperlukan edukasi secara berkelanjutan bagi masyarakat, khususnya kepada anak-anak.

Abdul Razaq, Ketua GASA Wirogunan menyatakan, gerakan aksi GEPEMATA dan GEMMALITA bagian dari aksi yang dilaksanakan oleh relawan GASA Wirogunan. Beberapa aksi terus didorong untuk membantu masyarakat dalam pandemi Covid-19.

“Gerakan penggunaan masker, perlu dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan oleh stakholder dan tokoh masyarakat, khususnya menghadapi new normal. Harapannya, menggunakan masker menjadi kebiasaan dalam keseharian masyarakat di wilayah Kel. Wirogunan”, ujarnya.

Sementara itu, Lurah Wirogunan, A.E. Siwi Utami mengatakan dalam kesempatan launching Relawan Sehat, gotong royong warga Wirogunan dalam pandemi Covid-19 sangat dirasakan manfaatnya leh warga yang lain. Hadirnya relawan GASA Wirogunan sangat membantu tugas-tugas kemasyarakatan. Kepedulian, kebersamaan, dan kegotong royongan, yang merupakan semangat gandeng gendong, adalah kunci menghadapi pandemi covid 19.
"Saya apresiasi atas aksi GEPEMATA dan GEMMALITA yang dilakukan oleh Relawan Sehat. Saya mengajak kepada seluruh warga di Kel. Wirogunan, khususnya kader yandu untuk bersama-sama relawan GASA Wirogunan untuk bergerak dalam aksi GEPEMATA dan GEMMALITA ini,” ungkapnya.

Gerakan-gerakan yang dilakukan oleh GASA Wirogunan sesuai dengan gerakan gandeng gendong, kita saling bergandengan untuk menghadapi covid, dan menggendong masyarakat agar cepat bangkit. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#GASAWirogunan
#RelawanSehat
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat