Kelurahan Wirogunan Tebar Tempat Cuci Tangan di 80 Titik untuk Persiapan New Normal

Wirogunan (15/06/2020) Kelurahan Wirogunan berupaya antisipasi penyebaran Corona COVID-19, dengan  menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun (CTPS) di beberapa titik di Kelurahan Wirogunan.

Fasilitas CTPS yang dipasang berupa unit portable dengan wastafel yang langsung terhubung dengan tandon air. Tersedia juga sabun cair untuk mencuci tangan dan panduan mencuci tangan yang benar.

Saat ini di setiap wilayah RT telah banyak dipasang tempat cuci tangan secara swadaya. Cuci tangan menjadi kunci utama  pencegahan penularan Covid-19.

"Terpasangnya tempat cuci tersebut, sebagai salah satu upaya agar warga terbiasa dengan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), disamping pencegahan penularan Covid-19," kata Lurah Wirogunan, A.E. Siwi Utami.

Ana Siwi menegaskan tempat cuci tersebut ditempatkan di area publik yang dapat diakses dengan mudah oleh warga. Penempatannya diserahkan kepada Ketua RT atau RW.

Lebih lanjut, Ana Siwi menyatakan pemasangan tempat cuci wastafel ini bertujuan sebagai persiapan New Normal. New Normal atau kenormalan baru merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan yang dimaksud diantaranya menjaga kebersihan tangan, menggunakan masker ketika keluar rumah, dan menjaga jarak.

"Sebenarnya proses pengadaan wastafel ini sudah cukup lama, lebih dari satu bulan, dengan cara penunjukan langsung. Saat itu, ada rasionalisasi anggaran untuk dialihkan pada penanganan covid-19. Koordinasi dengan LPMK di tingkat kelurahan dan koordinasi di tingkat Kota, dan kecamatan", ungkap Ana Siwi.

Ana Siwi berharap, Ketua RW berkoordinasi dengan Ketua RT untuk memastikan lokasi penempatan wastafel. Pemasangan dilakukan oleh pihak ke-3 (penyedia jasa) secara bertahap di 80 titik se-Kel. Wirogunan.

"Teknis di lapangan, diharapkan kerjasamanya semua pihak, khususnya bagi warga yang berdekatan dengan penempatan wastafel. Diperlukan air mengalir, sehingga dimohon kerelaan warga menyumbangkan air untuk wastafel dimaksud", katanya.

Selain itu, diperlukan komunikasi dan kerjasama semua pihak dalam persiapan new normal dan pencegahan penyebaran virus covid-19. Tanggungjawab kita bersama, agar warga di Kel. Wirogunan tidak ada yang positif corona, lingkungannya aman dan lebih sejahtera. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat