Bag #02 - Aksi MasBayu Wirogunan berawal dari nama

Nama Awal “Berbagi Sayuran”
Malam harinya di hari Senin (11/05/2020), Abdul Razaq berkoordinasi dengan relawan GASA yang telah selesai melakukan pengemasan sayuran sebanyak 1.527 bungkus. Sayuran tersebut akan dibagikan kepada warga di dua kampung, yaitu kampung Joyonegaranm dan kampung Bintaran. Konsep dan skema berbagi sayuran disampaikan dalam koordinasi tersebut, antara lain publikasi, teknis pelaksanaan, nama aksi dan pembagian peran para relawan.

“Berbagi Sayuran” Warga untuk Warga sebagai aksi GASA Wirogunan dan Herond Hendry ditunjuk sebagai ketua pelaksana aksi. Secara spontan relawan lain menyetujuinya, walaupun dengan penuh guyonan dan candaan.

Aksi “Berbagi Sayuran” Warga untuk Warga berlanjut hingga ke-2 yang dilaksanakan pada Selasa (19/05/2020) dengan melibatkan warga wirogunan. Keterlibatan warga Wirogunan, diwujudkan dalam bentuk donasi uang dan barang berupa sayuran. “Keterlibatan warga, sebagai bentuk kepedulian bagi sesama. Dalam waktu kurang dari 60 menit, telah terkumpul dana sejumah 3.750.000. Hari berikutnya, sedikit demi sedikit dana bertambah. Akhirnya aksi ke-2 terlaksana dengan 5.595 bungkus untuk lima kampung”, ujar Razaq.

MasBayu Wirogunan
Pada aksi-3 berbagi sayuran, Abdul Razaq menyampaikan konsep dan skema pembagian sayuran di wilayah kampung Joyonegaran dan kampung Bintaran. Nama “MasBayu Wirogunan” yang bermakna Masyarakat Berbagi Sayuran. Masyarakat Kel. Wirogunan bergotong royong membantu masyarakat lain untuk berbagi sayuran. Semangat gotong royong, rasa solidaritas, dan rasa kebersamaan di masa pandemi Covid-19 untuk saling berbagi antar warga di wilayah Kel. Wirogunan, sebagai pesan moral dalam MasBayu Wirogunan.

Dukungan berbagai pihak, baik para donatur, paguyuban pedagang pasar Giwangan, Lurah Wirogunan, Camat Mergangsan, Pengurus Kampung, Pengurus RT dan RW dan Warga Wirogunan, aksi ke-3 MasBayu Wirogunan berjalan lancar. Sebanyak 3.049 bungkus sayuran dibagikan secara gratis di wilayah kampung Joyonegaran dan Bintaran, Minggu (07/06/2020).

Aksi ini mendapat apresiasi dari Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta yang juga sebagai Wakil Walikota, Heroe Poerwadi. Menurut dia, yang dilakukan warga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. "Semoga aksi ini dapat menambah kekompakan antar sesama, semoga pandemi covid 19 ini bisa segera berakhir," harapnya.

Hadir membersamai Heroe Poerwadi, Kepala Dinas Pertanian, Kepala DPMPPA Kota Yogyakarta dan Forkompimca Mergangsan serta Lurah Wirogunan, A.E. Siwi Utami.

Bersama kita bisa, gotong royong modal utama, sebagai landasan dalam ber-aksi. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#GASAWirogunan
#MasBayuWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat