Bag #01 - Babinsa Wirogunan Merogoh Kocek Mengawali Aksi MasBayu Wirogunan

Wirogunan (15/06/2020) Aksi MasBayu atau Masyarakat Berbagi Sayuran yang dilaksanakan oleh Relawan GASA (Gerakan Aksi Sosial dan Keagamaan) Wirogunan berawal dari spontanitas. Gagasan spontan ini berawal dari Sertu Danang Supriyadi, Babinsa Wirogunan kepada relawan GASA Wirogunan, Jum’at (08/05/2020).

Gagasan Danang Supriyadi dilatarbelakangi pandemi Covid-19 yang dialami warga Wirogunan, khususnya  bagi warga penerima bantuan. Umumnya warga menerima bantuan, berupa beras, mie instan, teh, dan gula pasir. Berbagi sesama warga, sebagai wujud solidaritas untuk saling membantu di tengah pandemi Covid-19.

Melihat kondisi ini, Babinsa Wirogunan menginisiasi untuk berbuat sesuatu bagi warga. Secara spontan terbersit dan dilontarkan gagasan kepada Herond Hendry dan Nasiyar yang saat itu berada di pondopo Wirogunan dalam obrolan santai. “Kita berbuat dengan memberikan bantuan berupa sayuran kepada warga secara gratis, yang kebetulan di sekitar rumah saya banyak petani sayuran. Kita minta bantuan mereka, dengan membeli semampunya, dan kita bantu petani untuk mengambil sayurannya di sawah”, kata Danang.

Merogoh Kocek
Secara spontan, masing-masing merogoh kocek dan terkumpul 150 ribu. Secara kebetulan, datang relawan GASA yang lain, Raditya Kurniawan dan ditawari untuk bergabung dalam pembelian sayuran. Secara spontan, menambah 50ribu dari koceknya. Bermodalkan dana 200ribu tersebut, mereka menyampaikan gagasannya kepada Lurah Wirogunan, .E. Siwi Utami.

Tanpa berfikir panjang, Ana Siwi menyetujui dan mendorong agar berbagi sayuran kepada warga segera dilaksanakan. Secara spontan, Lurah Wirogunan ini merogoh koceknya untuk menambah dana yang sudah terkumpul sebelumnya.

Obrolan berlanjut, dengan penuh guyon dan banyolan yang akhirnya disepakati Selasa (12/5/2020) di bulan Ramadhan 1441 H sebagai hari pelaksanaan kegiatan. Lokasi yang dipilih adalah kampung Joyonegaran dan kampung Bintaran. Bermodalkan 270 ribu, Danang Supriyadi dengan penuh keyakinan mewujudkan pembelian sayuran di wilayah Prambanan, dimana ia tinggal selama ini.

Aksi berbagi sayuran tersebut diketahui oleh relawan lain, Herry Nugroho, yang juga sebagai Ketua RW 01 Bintaran. Komunikasipun berlanjut, secara spontan Herry Nugroho menyanggupi untuk membantu brambang bawang dan tempe. “Biar lebih dirasakan manfaatnya oleh warga, lebih-lebih saat ini, mereka telah mendapatkan bantuan beras, mie instan, teh, dan gula pasir. Ini akan lebih dirasakan manfaatnya oleh warga”, harap Herry Nugroho, Sabtu (09/05/2020). 

Hari terus berganti dengan tetap berkomunikasi atas rencana berbagi sayuran. Pagi di hari Senin (11/05/2020), Ketua GASA Wirogunan, Abdul Razaq diminta Lurah Wirogunan untuk hadir di kantor Kelurahan. Ana Siwi menyampaikan gagasan spontan sebagaimana dimaksud di atas. Secara spontan, Ketua GASA menyetujuinya dan menyampaikan konsep atas aksi yang akan dilaksanakan.

Bersama kita bisa, gotong royong modal utama, sebagai landasan dalam ber-aksi. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#GASAWirogunan