Relawan GASA bagikan 3.049 sayuran Gratis dalam Aksi MasBayu

Wirogunan (08/06/2020) Relawan GASA (Gerakan Aksi Sosial dan Keagamaan) Wirogunan, Kota Yogyakarta  kembali menggelar aksi MasBayu atau Masyarakat Berbagi Sayuran, Minggu (07/06). Kali ini digelar di kampung Joyonegaran dan kampung Bintaran.

Aksi MasBayu membagikan sebanyak 3.049 bungkus sayuran bagi warga secara gratis. Warga bebas mengambil secukupnya, maksimal 2 bungkus. 

Masyarakat bersama-sama menyediakan sayuran untuk masyarakat, yang dikemas dalam plastik dan boleh diambil warga secara gratis. Aksi ini dilatar belakangi pandemi Covid-19. Warga tergerak untuk berbuat sesuatu untuk meringankan sesama. 

Sebelumnya, dalam aksi pertama, Selasa (12/05) MasBayu Wirogunan menyediakan sebanyak 1.527 bungkus sayuran, untuk dua kampung. Aksi ke-2, Selasa (19/05) sebanyak 5.595 bungkus untuk lima kampung.

Hingga aksi ke-tiga ini, telah berbagi sayuran sebanyak 10.171 bungkus untuk warga Wirogunan di tujuh kampung. Aksi MasBayu sebagai salah satu cara relawan berbagi dalam pandemi Covid-19.

Ketua aksi "MasBayu Wirogunan" Herond Hendry menjelaskan, banyak warga yang sudah mendapatkan bantuan sembako, maka kami membantu dengan cara lain, salah satunya dengan menyediakan sayuran. Ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap sesama, terutama ditengah pandemi ini,"katanya, Minggu (07/07).

Aksi ini mendapat apresiasi dari Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta yang juga sebagai Wakil Walikota, Heroe Poerwadi. Menurut dia, yang dilakukan warga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. "Semoga aksi ini dapat menambah kekompakan antar sesama, semoga pandemi covid 19 ini bisa segera berakhir," harapnya.

Ia menilai gotong royong masyarakat ini merupakan bentuk gerakan gandeng gendong. "Gerakan ini merupakan gerakan dari Yogya untuk Yogya kegiatan seperti rewalawan hijau, nglarisi tanggane juga akan dijalankan dan menjadi bentuk tahapan kebangkitan masyarakat kota Yogyakarta,"tambahnya.

Hadir membersamai Heroe Poerwadi, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala DPMPPA Kota Yogyakarta dan Forkompimca Mergangsan.

A.E. Siwi Utami, Lurah Wirogunan menyatakan apresiasi dan penghargaan kepada relawan GASA Wirogunan. Aksi MasBayu Wirogunan sebagai salah satu aksi GASA Wirogunan. 

"Kami berharap, kegiatan ini terus berlanjut dan dapat diikuti oleh warga lain. Warga Wirogunan dapat membuat aksi serupa di setiap RW, sehingga dirasakan manfaatnya oleh warga yang lain” harapnya.

Bersama kita bisa, gotong royong modal utama, sebagai landasan dalam ber-aksi.  (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#GASAWirogunan
#MasBayuWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat