Berawal dari Guyonan Spontan, GASA Wirogunan, Berbagi Sayuran “Warga Bantu Warga”

Wirogunan (15/05/2020) Relawan GASA (Gerakan Aksi Sosial dan Kwagamaan) Kel. Wirogunan mengadakan aksi lanjutan Berbagi Sayuran "Warga Bantu Warga". Aksi tersebut direncakan akan dilaksanakan Selasa (19/5/2020), yang berlokasi di Kampung Wirogunan, Kampung Surokarsan dan Kampung Nyutran.

Berawal dari “ngobrol santai” dan sharing atas kondisi masyarakat Wirogunan terdampak Covid-19. Spontanitas salah satu relawan GASA Wirogunan dengan nada guyon dan berkelakar menyampaikan “opo meneh, sing arep tok perbuat neng warga, ojo mung omong, lho bos” (apa lagi yang akan kita lakukan untuk warga, jangan hanya ucapan?). Guyonan tersebut, sontak dijawab relawan lain dengan “yo ayo, opo saiki bantu sayuran ?” (ya mari, apa sekarang bantu sayuran?). Guyonan spontan ini, menghasilkan aksi Berbagi Sayuran “Warga Bantu Warga”.

Guyonan spontan ini, kemudian berkembang dengan pembicaraan serius melihat kondisi warga terdampak Covid-19. Disamping memotret bantuan yang diterima beberapa warga dalam bentuk paket sembako. Kondisi ini menggerakkan relawan GASA, untuk berbuat sesuatu secara nyata di masyarakat, dalam bentuk aksi. Aksi berbagi Sayuran “Warga Bantu Warga” menjadi pilihan aksi. Beberapa pertimbangan antara lain (1) Sayuran sangat dibutuhkan oleh ibu-ibu setiap harinya; (2) membantu petani sayuran, sekaligus juga membantu warga lain; dan (3) relatif mudah dilakukan dengan dana yang tidak terlalu besar, namun bermanfaat bagi masyarakat.

Berbagi sayuran dimaksud murni inisiatif spontan relawan GASA, yang kemudian memberitahukan, sekaligus meminta ijin kepada Lurah Wirogunan, untuk mewujudkan aksi tersebut.

Hasil dana yang terkumpul atas spontanitas atau "bantingan" tersebut, kemudian meminta kesediaan Sdr. Danang Supriyadi (Babinsa) untuk membeli sayuran dari petani. Babinsa yang berasal dari Prambanan yang notabeni banyak petani sayuran diwilayahnya, membelikan sayuran dimaksud. Terong, kacang panjang, pepaya dan beberapa sayuran yang lain, diperoleh dengan dana terbatas dan juga atas kebaikan penjual sayuran.

Relawan GASA lainnya, juga spontan membelikan tempe, brambang, dan lombok. Seluruh sayuran yang ada, dikemas dalam kantong plastik, secara bergotong royong.

Cara pembagiannya dengan menggantungnya di pinggir jalan kampung. Warga disekitar lokasi aksi, dan warga kampung atau siapapun yang membutuhkan dapat mengambilnya secara cuma-cuma. Beberapa tulisan informasi terpasang dilokasi, salah satunya “ambil secukupnya, maksimal 2 bungkus”.

Sementara pilihan lokasi aksi pertamapun dilakukan secara spontan. Kampung relatif padat penduduk dan ada penanggung jawab dari relawan GASA yang terlibat langsung dalam proses sejak awal. Kampung Joyonegaran dan Kampung Bintaran, menjadi pilihan lokasi aksi pertama Berbagi Sayuran ini.
Ketua aksi sebagai penanggung jawabnya pun dipilih secara spontan dalam kondisi “guyon” dan penuh candaan. Herond Henry ditunjuk oleh relawan GASA menjadi penanggung jawab aksi.

Ketua aksi Berbagi Sayuran "Warga Bantu Warga" Herond Henry menyatakan aksi ini murni berawal dari spontanitas, yang bertujuan membantu masyarakat terutama yang terdampak pandemi Covid-19. Saat ini, beberapa warga mendapatkan bantuan sembako. Relawan GASA membantu dari sisi lain, untuk melengkapi kebutuhan warga.

"Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap sesama, terutama dalam masa pandemi Covid-19. Relawan GASA terpanggil untuk berbuat sebisa dan semampu yang bisa dilakukan. kata Herond saat persiapan pengemasan sayuran dalam plastik, Senin (11/5/2020).

Berbagi Sayuran "Warga Bantu Warga" #01 dilaksanakan tepat jam 09.00 WIB, di jalan kampung area ruang publik RW 12 Kampung Joyonegaran. Disamping itu, di hari yang sama, pada jam 10.00 WIB juga diadakan di RW 02 Kampung Bintaran, Kel. Wirogunan.

Abdul Razaq, Ketua GASA Wirogunan menyatakan kegiatan berbagi sayuran ini direncanakan akan dilaksanakan setiap hari Selasa. Bertempat dari satu kampung ke kampung lain, di Wilayah Kel. Wirogunan. Aksi ini murni dari relawan dan memberi kesempatan kepada pihak lain untuk ambil bagian dalam aksi ini. “Aksi ini, tidak ada bantuan dari Kelurahan maupun dari pemerintah kota Yogyakarta, lebih-lebih dari kelembagaan tingkat kelurahan. Relawan GASA Wirogunan, hanya ingin berbuat dan membantu warga Wirogunan”, ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan aksi ini mengajak dan membuka kesempatan bagi warga lain untuk turutserta berbagi sayuran. Tidak hanya dalam bentuk dana, namun juga barang berupa sayuran. Sayuran dapat diantar langsung ke lokasi aksi atau menghubungi relawan aksi GASA Wirogunan.

Apabila ada warga yang berminat untuk ambil bagian dalam aksi ini, dapat menghubungi Herond Hendry di 0821-3421-1070. Selain itu, dapat menghubungi Ketua GASA wirogunan, Abdul Razaq di 0877 3807 2555.

"InsyaAllah, akan kami informasikan kepada warga atas aksi ini, baik laporan kegiatan maupun sumber pendanaannya", kata Rozaq.

Warga bantu warga sebagai bagian dari gotong royong. Bersama kita berbuat, insyaAllah bermanfaat.(KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#GASAWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat