Pilar Sosial PSM Turutserta Membantu Penyaluran BPNT di e-Warong Surokarsan, Kel. Wirogunan

Wirogunan (10/05/2020) Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) sebagai salah satu pilar sosial di masyarakat yang memiliki kesadaran, tanggung jawab sosial dan didorong rasa kebersamaan kekeluargaan serta kesetiakawanan sosial secara sukarela mengabdi di bidang kesejahteraan sosial. PSM sebagai salah satu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), yang berada di tengah-tengah masyarakat.

PSM hadir bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menangani masalah sosial, serta membantu kegiatan sosial dan berperan dalam penanganan masalah sosial lainnya. PSM berangkat dari kesadaran, kerelawanan dan jiwa sosial tanpa mengharap imbalan sesuatu dari pihak manapun.

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya Kamis (7/5/2020), salah satu PSM Kel. Wirogunan Noor Widjiati turutserta membantu dalam pencairan BPNT PKH di e-warung Mergangsan 2 Kampung Surokarsan. Kehadirannya bersama relawan lain, sangat membantu kelancaran pencairan bantuan bagi pemegang kartu PKH. Lebih-lebih dalam pandemi Covid-19.

E-warung Surokarsan 2, sebagai tempat untuk mencairkan bantuan dalam bentuk bahan pokok. Bahan pokok tersebut antara lain beras, gula pasir, minyak goreng dan telur. Setiap bulannya tidak kurang dari 200 penerima manfaat mencairkan bantuan pemerintah di e-warung ini. Kehadiran Noor Widjati,s ebagai PSM berperan dan berkontribusi atas kelancaran pelaksanaan pencairan.

Proses pencairan berjalan dengan tertib dan tetap memperhatian protokol kesehatan, baik menggunakan masker, maupun jaga jarak (Physical Distancing), pembatasan antrian, dan melakukan cuci tangan/penggunaan hand sanitizer.

Abdul Razaq, mantan Ketua IPSM Kel. Wirogunan menyatakan hampir kegiatan sosial di masyarakat dibantu oleh anggota PSM. Lebih dari 60 orang PSM di Kel. Wirogunan dengan sukarela membantu masyarakat, khususnya di wilayah tempat tinggal anggota PSM.  Pencairan BPNT bagi PKH, pencairan bantuan sembako bagi pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan bantuan lain di e-warung dihadiri anggota PSM dan turutserta dalam membantu kelancaranproses pencairan.

"Anggota PSM hadir dengan sukarela, ingin berperan dan berkontribusi bagi masyarakat. Lebih-lebih hadirnya Noor Widjiati yang tinggal di Kampung Bintaran terpilih mewakili Kec. Mergangsan dalam Pemilihan PSM Berprestasi tingkat Kota Yogyakarta tahun 2020 ini.  Bersama petugas e-warung dan pendamping PKH mensukseskan pencairan BPNT”, kata Rozaq melalui WhatsApp, Jum’at (8/5/2020).

PSM dituntut mampu mengembangkan jejaring bersama stakeholder tingkat kelurahan, dan tokoh masyarakat, agar dalam peran dan fungsinya di tengah masyarakat bermakna dan bernilai. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#PSMWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat