Penyaluran BPNT bagi PKH dalam Pandemi Covid-19 di e-Warong Surokarsan, Kel. Wirogunan

Wirogunan (10/05/2020) Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang menerima Program Keluarga Harapan (PKH) di wilayah Wirogunan dan sekitarnya mencairan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). BPNT salah satu program dari Kementerian Sosial sebagai Jaringan Pengaman Sosial (JPS) dalam bentuk dana yang di top up dalam rekening setiap bulannya.

E-warung sebagai tempat untuk mencairkan bantuan dalam bentuk bahan pokok. Bahan pokok tersebut antara lain beas, gula pasir, minyak goreng dan telur.. Penyaluran BPNT PKH melalui e-warung. Salah satu e-warong di wilayah Kel. Wirogunan yang menjadi tempat pencairan PKH adalah e-warong Mergangsan 2.

Pencairan bantuan BPNT PKH dilaksanakan mulai Kamis (7/5/2020) di e-warong Mergangsan 2 yang berlokasi di kampung Surokarsan. Lebih dari 30 orang secara tertib dengan tetap memperhatian protokol kesehatan, baik menggunakan masker, maupun jaga jarak (Physical Distancing), pembatasan antrian, dan melakukan cuci tangan/penggunaan hand sanitizer.

Andi Maulana, pendamping sosial Dinsos Kota Yogyakarta menyatakan penerima manfaat antusias mendatangi e-warong dengan protokol Covid-19. Kegembiraan terlihat di wajah penerima manfaat.  Selain dengan tertib dan sabar menunggu layanan dari petugas e-warung.

"Peranserta penerima manfaat untuk kelancaran penyaluran BNPT di e-warung Mergangsan 2 sangatlah penting. Diperlukan pengertian semua pihak, termasuk penerima manfaat, selain petugas e-warung maupun pendamping PKH. InsyaAllah, bantuan ini sangat membantu bagi penerima manfaat, lebih-lebih dalam kondisi pandemi Covid-19 ini”, kata Andi melalui Whatsapp, Jum’at (8/5/2020).

A. E. Siwi Utami,  Lurah Wirogunan menyatakan bantuan melalui program PKH dalam bentuk BPNT ini berasal dari Kementerian Sosial. Masyarakat penerima manfaat ditentukan oleh Kementeria Sosial. Selain itu, dalam pandemi Covid-19, pemerintah akan memberikan bantuan kepada masyarakat, baik dari Pemerintah Kota Yogyakarta, Provinsi DIY maupun dari Pemerintah Pusat. Namun demikian, seluruh bantuan memiliki kriteria tersendiri.

"Bantuan ini,  sangat membantu warga terdampak Covid-19. Harapan kami, penerima manfaat menggunakan bantuan tersebut dengn baik. Mensyukuri apa yang ada dan bantuan yang diterima, sebagai salah satu jalan terbaik, agar hidup kita lebih baik. Mari disyukuri sebesar apapun bantuan yang diperoleh dan selalu menjaga kesehatan", harap Ana Siwi.

Seberapapun bantuan, bila disyukuri,  maka akan terasa cukup. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat