Aksi Sosial Rumah Jawa Guest House Kampung Mergangsan Lor Berbagi Buka Puasa Gratis

Wirogunan (27/04/2020) Rumah Jawa Guest House Kampung Mergangsan Lor, Kel.  Wirogunan membagikan 130 nasi bungkus setiap hari kepada masyarakat. Diharapkan bantuan tersebut dapat membantu masyarakat  yang terdampak Covid-19.

Pembagian nasi bungkus dimulai sejak 23 April yang lalu, bertempat di Jalan Tamansiswa (seberang jalan depan Hotel Wisanti). Penarik becak, ojek online (ojol), dan warga yang lewat, memanfaatkan pembagian nasi ini. Tidak lebih dari 45 menit, sebanyak 130 bungkus sudah habis terbagi.

Bambang Edi Priyono, mewakili keluarga besar Rumah Jawa Guest House menjelaskan bantuan itu sebagai bentuk kepedulian keluarga besar Rumah Jawa Guest House. Bantuan diberikan kepada masyarakat umum. Setiap hari cukup banyak yang memanfaatkan pembagian ini. Pembagian tetap memperhatikan jaga jarak, dan tetap menggunakan masker.

"Kami menyediakan sebanyak 130 bungkus setiap harinya. Keluarga Rumah Jawa Guest House berupa untuk berbagi bagi warga terdampak Covid-19. Kami membantu sebisa dan semampu yang bisa kami lakukan. Paling tidak, membantu meringankan warga", jelas Bambang Edi yang juga sebagai Ketua RW 15, saat dihubungi melalui WhatsApp, Senin (27/4/2020)

Menurutnya, pembagian nasi bungkus ini sudah dimulai sebelum puasa. Saat ini sudah ada bantuan dari pihak lain, dengan total sebanyak 210 paket nasi dan air minum. Kurang dari 45 menit habis terbagi ke masyarakat . Sebagian sumbangan dari warga, dan ada penjual nasi pecel, juga menyumbang nasi bungkus. Bahkan hari Minggu (26/4/2020) ada penyumbang menggunakan mobil dan menyerahkan bantuan nasi bungkus.

“Kami telah sediakan tempat khusus dengan nama Rumah Nasi. Kami membuka kesempatan kepada siapapun, yang ingin turutserta dalam aksi ini. Seberapapun nasi bungkus dan minuman yang dititipkan, kami terima dengan senang hati. Kami berencana menyediakan nasi bungkus dan minum ini, selama bulan ramadhan”, ujarnya.

Sebelumnya,  Keluarga besar Rumah Jawa Guest House juga menyerahan bantuan sebanyak 40 set APD (Alat Pelindung Diri) dan 20 buah eye protector kepada Puskesmas Mergangsan. Penyerahan bantuan ini, sebagai bentuk kepedulian kepada petugas kesehatan.

Anastasia Erwina Siwi Utami, lurah Wirogunan menyatakan, menyambut baik dan apresiasi serta terima kasih atas bantuan keluarga besar Rumah Jawa Guest House. Bantuan ini sangat bermanfaat dan berarti bagi warga yang membutuhkan.

"Kami berharap dan menghimbau kepada masyarakat, agar masyarakat yang sangat membutuhkan saja yang memanfaatkan. Semangat berbagi dengan yang lain, hendaknya kita kedepankan. Semoga banyak warga di Kel.  Wirogunan berpartisipasi dalam aksi ini dengan menitipkan nasi bungkus dan minuman di rumah nasi. Kalaulah ada yang membuat aksi yang sama di lokasi lain, akan bermanfaat bagi warga lain", harapnya.

Membantu warga yang membutuhkan, sebagai bagian dari nilai-nilai agama. Kebaikan yang dilakukan akan bernilai dan bermakna serta bermanfaat bagi yang lain. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#GASAWirogunan
#TerusBerbuat