Relawan GASA Wirogunan Turutserta Kejar Tayang Rekapitulasi Data Warga Muskin Dampak COVID-19

Wirogunan (13/04/2020) Relawan GASA (Gerakan Aksi Sosial dan Keagamaan)  Kel.  Wirogunn Kec.  Mergangsan turutserta dalam proses rekapitulasi data fakir miskin.  Rekapitulasi data yang dilakukan adalah warga yang diusulkan oleh Ketua RW se-Kel. Wirogunan kepada pemerintah Kota Yogyakarta.

Data fakir miskin dimaksudkan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kebijakan ini sebagai salah satu kebijakan pemerintah yanf meminta masyarakat untuk tinggal di rumah,  yang berdampak pda masyarakat lapisn bawah yang kehilangan pekerjaan atau tidak memiliki penghasilan.

Tertuang dalm surat Dinas Sosial Kota Yogyakarta No. 942/1863 tentang Permohonan Data Keluarga dari Lapisan Bawah yang tidak masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Surat dimaksud sebagai tindak lanjut dari Surat Dinas Sosial DIY. Pendataan tersebut, sebagai langkah awal dalam intervensi pemerintah  atas dampak penyebaran Covid 19.

RT dan RW se-Kel.  Wirogunan melaksanakan pendataan berdasarkan surat Lurh Wirogunan No. 800/098 tertanggal 7 April 2020. Tidak lebih dari lima hari, data telah diserahkan oleh pengurus RT dan RW.  Kerjasama baik, dan komunikasi  baik sangat membantu proses pendataan.

Cukup banyak data yang terkumpul,  memperlambat dalam proses entri data.  Relawan hadir dan bergerak untuk membantu dalam entri rekapitulasi data. 

Anastasia Erwina Siwi Utami,  Lurah Wirogunan menyatakan, data yang diterima dari RT dan RW adalah data yang belum terintervensi oleh program pemerintah, karena terdampak COVID-19. Data tersebut selanjutnya akan dilaporkan pada Pemerintah kota melalui Dinas Sosial.

"Kita diminta untuk melakukan pendataan. Relawan GASA Wirogunan,  sangat membantu dalam proses rekapitulasi. Kejar tayang, ungkapan yang disampaikan oleh relawan" , kata Lurah di kantor Kelurahan, Jum'at (10/4/2020)

Lurah Wirogunan, menambahkan bentuk Intervensi dari pemerintah kota kita menunggu informasi dari Dinas. Upaya ini sebagai bagian dari hadirnya pemerintah pada warganya.

Rekapitulasi data dilakukan bersama oleh beberapa relawan. Tidak terlalu lama, data yang dikirim oleh 77 RT dapat terselesaikan. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#GASAWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat