#GEBERWarga RT 76 RW 24 Mergangsan Kidul Kel. Wirogunan Antisipasi COVID-19

Wirogunan (05/04/2020) Berbagai upaya agar rasa nyaman dan aman dilakukan oleh Pengurus RT, RW, Kampung dan tokoh masyarakat. Upaya agar rasa nyaman dan tenang dilakukan oleh Pengurus RT 76 RW 24 Mergangsan Kidul, Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Gerakan Bersama Warga atau GEBER WARGA sebagai gerakan bersama untuk terus melakukan aksi dalam mengantisipasi Covid-19.

Menyediakan tempat cuci tangan di lokasi pintu masuk gang RT 76 sebagai usahlah satu upaya yang dilakukan pengurus RT. Selain itu, sebagian besar Warga telah dengan sukarela menyediakan tempat cuci di depan rumah masing-masing. Demikian pula, pemberian Hand Sanitizer di setiap Kepala Keluarga (C1) dan penyemprotan menyeluruh di wilayah RT dilakukan secara berkala (minimal seminggu dua kali).

Himbauan untuk terus menjaga kesehatan dengan mencuci tangan, physical distancing dan menjaga kebersihan lingkungan tidak terlepas dari ikhtiar pengurus RT. Himbauan spanduk dengan tulisan "Setiap Masuk Wilayah Kami, WAJIB cuci tangan, untuk kenyamanan bersama, guna membiasakan diri PHBS" terpampang di setiap jalan masuk wilayah RT 76.

Ikhtiar antisipasi ini, mendapat respon dan dukungan baik dari warga RT 76. Keterlibatan warga, terlihat dari kegiatan berkala. Berkontribusi bagi wilayah RT dengan sukarela menjadi modal sosial bagi pengurus RT.

Nugroho Sanyoto, Ketua RT 76 menyatakan  upaya ini, sebelumnya telah dimusyawarahkan secara online dengan warga. Keterlibatan sebagian besar warga sangat menggembirakan. Bahkan beberapa  warga berkontribusi dalam bentuk dana.

"Pengurus RT terus mendorong warga, agar kebersihan lingkungan dan mencuci tangan menjadi kebiasaan hidup. Harapannya tidak hanya karena situasi COVID-19, namun berkelanjutan", harap Nugroho.

InsyaaAllah, ikhtiar ini berdampak positif, bernilai dan bermakna bagi masyarakat. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat