Sebagian Warga RW 24: Mandiri Menyediakan Tempat Cuci Tangan

Wirogunan (02/04/2020) Kesadaran warga atas Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di RW 24, Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan mulai dirasakan sebagian warga. Kesadaran PHBS tersebut sebagai dampak positif dari Virus Corona. Sebagian warga telah menyediakan tempat cuci tangan secara mandiri, dan ditempatkan di dekat pintu masuk rumah warga.

Penyediaan tempat cuci tangan mandiri sebagai antisipasi penyebaran COVID-19. Setiap anggota keluarga yang mau masuk rumah, terlebih dahulu melakukan cuci tangan.

Melihat kesadaran sebagian warga, membuktikan kesadaran atas PHBS semakin baik. Selain akan mendorong orang lain, untuk melakukan hal yang sama. Disamping sebagai bentuk edukasi bagi warga atas pola hidup bersih.

Nugroho Sanyoto, Ketua RT 76 RW 24  menyatakan, penyediaan sarana cuci tangan ini inisiatif warga secara mandiri. Pengurus RT mendorong dan memberikan wawasan pentingnya PHBS bagi warga. Selain akan melindungi diri dari virus Corona.

"Harapannya, seluruh warga di RT 76 ada kesadaran secara mandiri dalam menyediakan tempat cuci tangan. Atas nama pengurus RT 76 memberi apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya. Kami menunggu warga lain, untuk melakukan hal yang sama", harap Nugroho.

Apabila inisiatif mandiri dari warga ini, menjadi gerakan bersama dalam wilayah RW, maka akan lebih terasa manfaatnya, lanjut Nugroho.

Salah satu warga yang telah menyediakan tempat cuci, Budi Santoso berharap, ada gerakan bersama di tingkat RW. Melihat inisiatif mandiri warga RT 76, maka akan  menjadi inspirasi bagi pengurus RW. Namun, gerakan ini sangat tergantung dari pengurus RW.

"Apabila disetiap rumah ada tempat cuci tangan dan di tempat-tempat publik juga tersedia, maka akan menjadi edukasi bersama. Harapannya, PHBS menjadi bagian dari keseharian warga", ungkap Budi penuh harap.

Antisipasi penyebaran Virus Corona perlu partisipasi semua warga. Penyediaan tempat cuci dan terbiasa mencuci tangan akan memberikan manfaat bagi warga. Disamping akan mengurangi penyebaran Virus Corona. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#GASAKita
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat