WAJIB CUCI TANGAN wujud nyata #BintaranLawanCorona

Wirogunn (31/03/2020) Antisipasi penyebaran COVID-19 di setiap wilayah disikapi beragam oleh komunitas, dan tokoh masyarakat. Penyemprotan disinfektan secara mandiri menjadi salah satu pilihan. Selain, menyediakan tempat cuci tangan di tempat umum.

Kampung Bintaran, tepatnya di RW 02, punya cara tersendiri mengantisipasi penyebaran Virus Corona. Menyediakan tempat cuci tangan di setiap gang masuk kampung. Penyediaan sarana cuci tangan dilakukan bergotong royong.

Pengurus RT dan RW bersepakat melakukan edukasi kepada warga di wilayah RW 02. Edukasi untuk pola hidup bersih agar terhindar dari penyakit, termasuk virus Corona.

Ketua kampung Bintaran, Andi Maulana menyatakan, penyediaan sarana cuci tangan ini inisiatif beberapa warga. Pengurus RT dan RW bersepakat menjadi gerakan bersama. Langkah ini, sebagai antisipasi dan pencegahan tersebarnya virus Corona.

Selain itu, kesepakatan bersama warga RW 02 untuk terus menghimbau agar warga tetap beraktivitas di rumah. Membersihkan rumah setiap hari, pola hidup bersih, menjaga kesehatan dan tidak mudah panik.

"Terkadang ada warga yang pesen makanan melalui ojol (ojek online), kita bersepakat agar cukup diterima di pintu gang masuk. Saling pengertian untuk menjaga kesehatan bersama", ujar Andi Maulana yang juga sebagai koordinator BKM Bhakti Wiraguna.

Keseriusan melakukan edukasi, terlihat dari kekompakan antar pengurus dan warga. Disepakati bersama, di setiap pintu masuk gang disediakan papan nama himbauan. Di salah satu depan gang masuk RT 07 RW 02 tertulis "WAJIB...!!! cuci tangan sebelum masuk wilayah RT 07".

Masyarakat kita ajak peduli dan serius mengantisipasi virus ini, lanjut Andi menegaskan. Cuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menggunakan hand sanitizer sebagai  informasi yang sering kami sampaikan kepada warga.

Antisipasi penyebaran Virus Corona perlu partisipasi semua warga. Inisiatif melakukan antisipasi penyebaran Virus Corona berbeda setiap wilayah.

Harapan Andi Maulana, Kita lawan bersama virus Corona. Bersama kita bisa berbuat terbaik untuk kampung. (KangRozaq)