Warga Kampung Bintaran #LawanCorona

Wirogunan (31/03/2020) Informasi atas penyebaran COVID-19 menjadi perhatian semua pihak. Informasi tersebut menjadi perhatian Ketua Kampung, Ketua RW dan tokoh masyarakat di wilayah Kampung Bintaran, Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan. Hasil koordinasi pengurus kampung, RW dan RT mengambil langkah dengan penyemprotan secara mandiri.

Penyemprotan mandiri dengan disinfektan dilakukan Minggu (22/3/2020). Warga kampung Bintaran bahu membahu melakukan penyemprotan. Penyemprotan, diprioritaskan di ruang publik, tempat ibadah, jalan kampung, disamping rumah-rumah warga.

Ketua kampung Bintaran, Andi Maulana menyatakan, penyemprotan ini inisiatif tokoh masyarakat kampung Bintaran. Langkah ini, sebagai antisipasi dan pencegahan tersebarnya virus Corona. Selain itu, gerakan bersama ini, tidak hanya penyemprotan, namun juga edukasi kepada warga. Pola hidup bersih dan menjaga lingkungan menjadi target kegiatan ini.

"Masyarakat kita ajak peduli dan serius mengantisipasi virus ini. Cuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menggunakan hand sanitizer sebagai  informasi yang sering kami sampaikan kepada warga", ujar Andi, yang saat ini juga sebagai Ketua RW 02.

Lebih lanjut, dia menjelaskan Kampung Bintaran sebagai salah satu kampung Tanggap Bencana. Relawan KTB, bersama tokoh masyarakat dan warga, terus melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID-19. 

Nasiyar, Ketua KTB Kampung Bintaran menjelaskan, gotong royong #LawanCorona sebagai tagline yang terus didengungkan dintengah masyarakat. Hal ini, agar warga terus melakukan antisipasi secara bersama-sama.

“Antisipasi ini perlu partisipasi semua warga Bintaran.  Kita lawan bersama virus Corona. Bersama kita bisa berbuat terbaik untuk kampung.”, ujar Nasiyar.

Kita bersama-sama menjaga diri dan keluarga serta lingkungan untuk selalu hidup bersih. Mencuci tangan sebelum masuk rumah, maupun keluar rumah perlu menjadi life style. Upaya ini sebagai bagian mengamalkan perintah Tuhan, yaitu kebersihan sebagian dari iman. (KangRozaq)